Header Ads

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2018 , TANAH DATAR KEMBALI RAIH PENGHARGAAN


Panjipost.com
Tanah datar, Komisi Informasi (KI) Propinsi Sumbar kembali melaksanakan kegiatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2018 untuk 10 Kategori dengan 524 Badan Publik yang dinillai.

Dalam momen ini, PPID Kabupaten Tanah Datar mampu meraih peringkat 3 setelah Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Bukittinggi pada kategori Kabupaten/Kota, sementara untuk kategori Nagari/Desa, Nagari Sungayang meraih peringkat 2 dibawah Nagari Tanjung Haru Sikabu-kabu Kabupaten 50 Kota diatas Nagari Lunang Tigo Kabupaten Pesisir Selatan dan Nagari Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung Tanah Datar pada peringkat 4, serta SMA N 2 Batusangkar menjadi Juara 1 pada Kategori SLTA.

Acara yang dihadiri Menteri Desa PDTT diwakili Plt. Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu) Aisyah Gamawati, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Hendra J. Kede, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno serta undangan lainnya, Selasa (11/12) di Kyriad Bumiminang Padang berlangsung meriah.

Ketua KI Sumbar Syamsu Rizal dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan anugerah tahun 2018 merupakan tahun ke empat dalam pelaksanaannya. “Di akhir jabatan selaku Komisioner periode ini, KI Sumbar konsisten laksanakan kegiatan anugerah ini dengan tujuan dan harapan Badan Publik di Sumbar jauh dari praktek KKN,” sampainya.

Syamsu Rizal menambahkan, selama hampir lima tahun menjabat, telah banyak badan publik secara bertahap sadar tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang diatur Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. “Tahun ini dari 524 Badan Publik yang diberikan kuesioner hanya 209 badan publik atau 39,88% yang implementasikan UU KIP, ini tentu masih menjadi tugas KI ke depan,” tukasnya.

Selepas itu Wakil Ketua KI Pusat Hendra J. Kede mengungkapkan kebanggaan dan terima kasih kepada Komisioner KI Sumbar yang komit laksanakan kegiatan ini. “Keterbukaan Informasi merupakan sebuah keharusan zaman sekarang, bahkan bisa masuk kategori Hak Azazi Manusia, mari kita dukung bersama karena juga mampu meminimalisir korupsi ” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno disamping memberikan apresiasi juga berharap tahun-tahun mendatang KIP semakin menjadi perhatian serius badan publik di Sumbar. “Kalau tidak ada salah kenapa harus takut terbuka, karena itu dihimbau seluruh badan publik terutama terhadap keuangan, harus terbuka dan transparan, sehingga akan tercipta pemerintahan yang bersih,” pesannya.

Selepas acara, Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun didampingi Kabag Humas dan Protokol yang juga PPID Utama Syahril mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada PPID Tanah Datar dan seluruh elemen lainnya yang telah membantu. “Anugerah ini menjadi bukti bahwa Tanah Datar tetap komit laksanakan dan mendukung KIP semenjak Undang-Undang KIP diberlakukan, bahkan tahun kita juga sudah libatkan langsung Wali Nagari sebagai PPID dalam SK Bupati,” sampainya.

Menanggapi prestasi PPID Tanah Datar Tahun 2018 ini memperoleh peringkat 3 dan Nagari Sungayang peringkat 2 dan Lawang Mandahiling yang mampu memperoleh peringkat 4, Asisten Helfi Rahmy Harun menyampaikan rasa bangganya.

“Walau terjadi penurunan prestasi dari tahun 2017 lalu, bukan berarti kita tidak baik, tetapi memang daerah lainnya mempunyai perkembangan pesat dalam laksanakan UU KIP ini, karena itu ke depan kita juga harus bertekad kuat untuk lebih baik lagi,” ujarnya.

Hal positif yang dapat dijadikan contoh, ungkap Rahmy, tekad, semangat dan dukungan dari seluruh elemen sehingga Kabupaten Pesisir Selatan menjadi kabupaten terbaik implementasikan KIP. “Pesisir Selatan mampu menciptakan dan mengumpulkan Daftar Informasi Publik sekitar 3.500 item, ini bukan hanya butuh kerja keras, tapi juga komitmen seluruh OPD terkait untuk bisa mencapainya, inilah yang harus dijadikan contoh ke depan pada PPID kita,” pungkasnya. (Humas)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo