Header Ads

Danlantamal II Hadiri Launching pembongkaran dan pembersihan bangkai-bangkai kapal nelayan disepanjang Sungai Batau Arau


Panjipost.com
PADANG ,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL ( Danlantamal) II  Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman. M. Sc.  di dampingi Wakil Komandan Lantamal II Padang, Kolonel Marinir Wurjanto. M.Han., Asisten, Komandan Satuan Kapal Patroli ( Dansatrol), dan Kasatker Lantamal II menghadiri launching pengangkatan dan pembersihan bangkai kapal yang berada di sungai Batang Arau atau muara Padang.

Walaupun  Hari Ulang Tahun ke 13 Pangkalan Utama TNI AL( Lantamal)  II Padang sudah berlangsung dengan sederhana tapi cukup meriah kemaren, Namun rangkaian dari kegiatannya masih ada. 

Danlantamal dalam memberikan keterangan pers di hadapan para awak media pagi tadi menyampaikan, Lantamal II berkomitmen membantu pemerintah daerah dalam hal pembersihan alur sungai batang Arau, bertepatan dengan HUT ke 13 Lantamal yang jatuh pada tanggal 1 Agustus kemaren. Dengan bersihnya alur sungai, sehingga sepanjang sungai Batang Arau akan semakin indah dan bersih di harapkan kunjungan wisata ke kota Padang semakin meningkat, berdampak pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga pendapatan asli daerah (PAD) akan meningkat.

Sementara Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya pada acara melaunching secara resmi kegiatan pembongkaran dan pembersihan bangkai-bangkai kapal nelayan yang ada disepanjang Sungai Batau Arau menuju Pantai Muara Padang, Jumat (2/8) pagi mengatakan 
upaya pembersihan bangkai kapal tersebut adalah bahagian dalam mewujudkan konsep wisata marina di Kota Padang. Hal itu pun sejalan dengan konsep Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang yang telah digagas Pemko Padang semenjak 2015 lalu.



"Itu makanya, saat ini kita fokus membenahi Sungai Batang Arau ini dimana tahun 2018 lalu kita telah dibantu beberapa pihak. Antara lain Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, BWS Sumatera V dan stakeholder lainnya untuk mempercantik kawasan ini. Alhamdulillah, upaya itu berlanjut hari ini dengan dilaunchingnya kegiatan pembersihan bangkai-bangkai kapal di sepanjang sungai Batang Arau," tuturnya.

Lebih lanjut ucap Mahyeldi, atas nama Pemerintah Kota Padang tentunya bersyukur dan sangat mengapresiasi semua pihak yang saling berkontribusi dalam hal ini. Sebagaimana diketahui, dalam launcing pembersihan bangkai kapal tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang tanpa meneluarkan anggaran dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Padang sedikitpun.

Dengan demikian, mulai saat itu hingga ke depan dan seterusnya diharapkan tidak ada lagi kapal-kapal yang non aktif atau sudah tak bisa berfungsi lagi berjejeran di sepanjang sungai tersebut.


Turut  hadir pada acara tersebut dinas  terkait seperti dari Ditpolairud Polda Sumbar, Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Kepala Dinas Kelautan dan Perikan Sumbar dan Padang, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V serta stakeholder terkait lainnya.

Sumber:
Dispen Lantamal II Padang
Humas Pemko Padang 

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo