Header Ads

Kepala Barantan lepas olahan Kelapa Sumbar Masuk Benua Eropa dan Amerika


Teluk Bayur,Panjipost.com,- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) lepas ekspor komoditas pertanian beruapa olahan kelapa asal Sumatera Barat (Sumbar)  sebanyak 108,4 ton ke manca negara. "Dari 7 komoditas pertanian yang diekspor hari ini, alhamdulillah ada ekspor 3 produk olahan dari komoditas kelapa," ujar Ali Jamil, Kepala Barantan saat melepas ekspor di Teluk Bayur, Sumatera Barat, Kamis (1/8).

Jamil menjelaskan bahwa tidak hanya santan dan kelapa parut yg laku di mancanegara, tapi air kelapa asal Sumbar sudah tembus pasar benua Eropa dan Amerika," tambahnya. Jamil menyebutkan ada 35,2 ton santan kelapa senilai 612,7 juta tujuan Belanda dan Inggris; 37,2 ton kelapa parut senilai 827 juta tujuan Jerman dan Norwegia serta 36 ton air kelapa senilai 308 juta tujuan Inggris. 

Menurut Kepala Karantina Pertanian Padang, Eka Hernida Yanto, di tahun 2018 total ekspor olahan kelapa ini mencapai 8.615 ton atau senilai 111, 92 milyar. Sementara di tahun 2019 sudah mencapai 6.221 ton senilai 82,85 milyar. "Meski baru 6 bulan namun sudah mencapai 72 % dibandingkan dg ekspor 2018, "jelas Eka .

Selain komoditas olahan kelapa, yang diekspor kali ini ada 11.000 MT cangkang sawit tujuan Jepang. Cangkang sawit merupakan komoditas ekspor terbesar di Sumatera Barat. Di tahun 2019 sudah mencapai 234 ribu ton atau senilai 234 Milyar. Menurut Eka ini merupakan ekspor perdana cangkang sawit bagi PT. Pinang Mas Energy.

"Hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian dalam upaya percepatan akselerasi ekspor,  penambahan ragam komoditas menjadi salah satu program yang didorong selain menumbuhkan ekspotir baru dari kalangan muda."Barantan dengan program Agro Gemilang, siap memberikan bimbingan  dan pendampingan teknis para eksportir komoditas pertanian ke pasar global," terang Eka.

Tiga komoditas lainnya yang ikut diberikan phytosanitary certificate pada hari ini adalah 173,2 ton kulit kayu manis tujuan Inggris, Prancis dan Singapura senilai Rp. 14,6 milyar. 102,7 ton pinang biji tujuan Thailand senilai Rp. 1,8 milyar dan 100,8 ton karet olahan tujuan India senilai Rp. 2,2 milyar.

Phytosanitary Certificate merupakan jaminan yang diberikan Badan Karantina Pertanian bahwa komoditas tersebut telah melewati pemeriksaan karantina sebagaimana yang dipersyaratkan negara tujuan ekspor.

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Sumbar, Muhammad Yani turut
hadir dan melepas ekspor. Beliau menyampaikan bahwa
potensi pertanian Sumatera Barat harus di dukung dengan potensi
sumber daya manusia agar mampu menambah nilai manfaat, khususnya para
pelaku bisnis serta mampu bersaing dengan negara lain.

Pemerintah provinsi Sumatera Barat memberikan apresiasi kepada
Kementerian Pertanian melalui Barantan yang telah memfasilitasi kemudahan proses ekspor komoditas pertanian Sumbar. 

Yani mengatakan, semua
unsur di institusi pemerintah provinsi Sumatera Barat mendukung penuh
percepatan ekspor yang gencar dilakukan pada pelaku bisnis untuk terus
memberi manfaat buat semua dan mengajak untuk terus berinovasi agar
produk pertanian memberi nilai tambah pemasukan devisa negara.

Narasumber:
1. Kepala Badan Karantina Pertanian, Ir. Ali Jamil, M.P., Ph.D
2. Staf Ahli Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Muhammad Yani
3. Kepala Balai Karantina Pertanian Padang, Ir Eka Darnida Yanto, M.Si

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo