Header Ads

DI.Sawah Laweh Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Pengerjaan tahap III DI.Sawah Laweh 

Pesisir selatan, Panjipost.com, - Kabupaten pesisir selatan merupakan wilayah perbukitan yang dialiri oleh sungai besar dan sungai kecil.

Daerah irigasi sawah laweh memanfaatkan debit air batang tarusan dengan cara membangun bendungan.Rata rata debit air yang dihasilkan oleh bendungan adalah 9,12 M4/dt ,Catctment area 388,00 km2 dengan rata rata hujan tahunan wilayah 2.983mm dan debit banjir rancangan Q100 1020,32 m3/dt.

Sementara daerah yang dilewati oleh Daerah irigasi sawah laweh tarusan sebanyak 14 nagari yaitu barung barung balantai tengah,barung barung balantai selatan,duku utara,duku,batu hampa, batu hampa selatan,nanggalo,setara nanggalo,jinang kape pansur,ampang pulai,carocok anau,kapuh,kapuh utara dan pulau karam.

DI.Sawah laweh merupakan areal irigasi dengan sistem pompanisasi yang dibangun pada tahun 1982,memiliki luas potensial 2.o23 Ha.
Setelah pembangungan bendung batang tarusan pada tahun 2017 selesai,pekerjaan dilanjutkan dengan pembangun jaringan irigasi berupa saluran induk,saluran sekunder dan bangunan irigasi lainnnya yang masih berlangsung hingga saat ini.

Pada pembangunan jaringan DI. sawah laweh paket II lanjutan Kementrian Pekerjaan Umum danPerumahan Rakyat, Direktorat Jendral Sumber Daya Air,SNVT PJPA WS, Indragiri-Akuaman, WS Kampar pengerjaan akan dikerjakan  jaringan saluran sekunder sepanjang 14.230 m dan saluran primer sepanjang 2900 m.

Sementara itu lanjutan pengerjaan tahap III akan dikerjakan untuk dua buah talang sepanjang saluran induk koto panjang.

PPK irigasi Rawa II,Adi Putra ST.MT dalam sosialisasi pada beberapa waktu yang lalu di Aula kantor camat koto XI tarusan,kabupaten pesisir selatan (03/02), mengatakan bahwa tanah yang sudah dilakukan pembebasan lahan pada tahun 2018  sudah bisa dilakukan pengerjaan fisiknya pada tahun ini.
Terima kasih atas dukungan camat dan semua elemen yang hadir,tanpa adanya dukungan semua tidak mungkin kegiatan  pekerjaan ini dapat dilaksanakan, pungkas Adi.

Dengan dibangunnya jaringan DI.Sawah Laweh ini harapan masyarakat pesisir selatan pun akan segera terwujud,dialirinya sawah sawah dapat meningkatkan produktifitas padi dan juga akan juga akan mendukung ketahanan pangan nasional nantinya.(**)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo