Header Ads

Kepala pengawas nuklir PBB tiba di Iran, diharapkan untuk mendesak akses ke situs nuklir


Teheran,Panjipost.com, - Kepala pengawas atom PBB tiba di Iran pada hari Senin, media pemerintah melaporkan, untuk kunjungan yang bertujuan meningkatkan kerja sama dalam kegiatan nuklir.

Rafael Mariano Grossi, dalam perjalanan pertamanya ke Iran sejak memimpin Badan Energi Atom Internasional tahun lalu, akan bertemu dengan para pejabat senior pada hari Selasa.

Kunjungan Rafael Mariano Grossi diharapkan untuk mendesak akses IAEA terhadap dua situs nuklir dalam pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif dan kepala badan atom negara itu, Ali Akbar Salehi.

 "Tujuan saya adalah bahwa pertemuan saya di Teheran akan mengarah pada kemajuan konkret dalam menjawab pertanyaan luar biasa yang terkait badan tersebut dengan pengamanan di Iran dan, khususnya, untuk menyelesaikan masalah akses," kata Grossi dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

Kunjungan itu dilakukan di tengah ketegangan antara AS dan sekutu Eropanya atas upaya Washington untuk mempertahankan embargo senjata terhadap Iran dan memberlakukan kembali sanksi PBB sejak tahun 2006.

Kunjungannya juga berlangsung tak lama sebelum pertemuan 1 September komisi bersama tentang kesepakatan 2015 antara Iran dan kekuatan global, yang bertujuan untuk mencegah Teheran mengembangkan bom nuklir.

Sedangkan Teheran selalu membantah program nuklirnya memiliki dimensi militer.(**)
Sumber; English,alarabiya.net

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo