Header Ads

Dukung Ketahanan Pangan, OP SDA BWSS V Lakukan pemeliharaan Berkala DI Batang Tongar.

Pasaman,Panjipost.com, - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) komitmen mewujudkan program ketahanan pangan dengan meningkatkan suplai irigasi secara kontiniu.

Jaringan irigasi merupakan infrastruktur yang diharapkan mampu memberikan pelayanan pada pertanian dalam waktu panjang dan salah satu sektor pendukung utama bagi keberhasilan pertanian, terutama dalam rangka meningkatkan produksi pangan.

Kondisi jaringan irigasi akan makin menurun seiring dengan waktu dan penggunaan, oleh sebab itu jaringan irigasi memerlukan kegiatan operasi dan pemeliharaan secara rutin.

Dengan dilakukannya operasi dan pemeliharaan secara rutin maka diharapkan jaringan irigasi dapat berfungsi secara optimal, dan tanpa adanya kegiatan OP yang terencana dan memadai, akan berdampak langsung pada kerusakan saluran irigasi sebelum tercapainya umur rencana, sehingga pelayanan menurun dan beban biaya perbaikannya akan semakin berat dari waktu ke waktu.

Pada tahun ini, BWSS V Sumbar mengalokasikan anggaran sebesar Rp974.720.121 untuk kegiatan Pemeliharaan Berkala Bendung D.I. Batang Tongar, kab. Pasaman Barat.

Proyek pemeliharaan berkala bendung DI Batang tongar dengan nomor kontrak HK.02.03/03/SATKER- OP.SDA/OP.SDA II/VI/2020 ,sebagai penanggung jawab penyedia CV.Putra Bungsu dengan lingkup pekerjaan Seperti pekerjaan persiapan,pekerjaan pintu air dan pekerjaan mekanikal dan elektronikal.

Bendungan DI Batang Tongar yang terletak di Pinagar nagari aua kuniang, Kecamatan Pasaman-pasaman barat, yang mana sumber air bendungan ini berasal dari dua sungai utama yaitu batang sinuruik talu dan sungai batang sopan yang berhulu dari gunung talamau.

Bendungan D.I. Batang Tongar, kab. Pasaman Barat menggunakan gearboxs dibuat secara elektrik dan manual yang mana bila mati lampu,DI Batang tongar masih bisa berfungsi secara manual.

Pekerjaan pemeliharaan berkala DI batang tongar ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian dengan mengurangi kehilangan air di sepanjang saluran irigasi.(**)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo