Header Ads

Mantan Presiden India Mukherjee meninggal, setelah dinyatakan positif COVID-19


New Delhi,Panjipost.com, - Mantan Presiden Pranab Mukherjee, (84 Tahun), pemimpin senior partai Kongres India yang bertugas di banyak Kabinet selama lima dekade dalam politik, telah meninggal dunia.

Mukherjee menjalani operasi darurat untuk pembekuan darah di otaknya pada 10 Agustus di setelah diteliti  dan dirujuk ke Rumah Sakit Angkatan Darat New Delhi.

Rumah sakit mengatakan dia dinyatakan positif COVID-19 setelah operasi dan kondisinya kritis.  Dia tetap koma setelah operasi.

Pihak rumah sakit mengatakan kesehatannya mulai menurun pada hari Senin setelah infeksi paru-paru yang mengakibatkan syok septik.

Putranya, mantan anggota parlemen Abhijeet Mukherjee, men-tweet pada malam hari bahwa dia telah meninggal.  

Perdana Menteri Narendra Modi, yang memimpin saingan Partai Bharatiya Janata, men-tweet bahwa Mukherjee “meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di lintasan pembangunan” India.

 “Nasihat bijaknya tentang masalah kebijakan utama tidak akan pernah saya lupakan,” kata Modi.

Mukherjee menjadi presiden dari 2012 hingga 2017, di akhir periode panjang ketika Partai Kongres memegang kekuasaan.  

Sebelumnya, dia pernah menjadi menteri keuangan, pertahanan dan luar negeri untuk tiga perdana menteri terpisah dan membantu mengelola koalisi pemerintahan.

Mukherjee adalah seorang guru perguruan tinggi di negara bagian Benggala Barat sebelum pertama kali mencalonkan diri sebagai pejabat publik pada tahun 1969. Ia menjadi anak didik Perdana Menteri Indira Gandhi dan setia kepadanya selama Darurat Dalam Negeri yang ia nyatakan dari tahun 1975 hingga 1977, ketika pemilihan umum ditangguhkan  dan kebebasan sipil diatasi.  Banyak lawannya dipenjara.

Dia kehilangan posisinya sebagai menteri keuangan setelah Indira Gandhi dibunuh pada tahun 1984 dan putranya Rajiv Gandhi menjadi perdana menteri.  Mukherjee membentuk partainya sendiri tetapi kemudian berdamai dengan Rajiv Gandhi dan kembali ke partai Kongres pada tahun 1989.

Setelah pembunuhan Rajiv Gandhi pada tahun 1991, Mukherjee bergabung dengan Kabinet penggantinya, P.V.  Narasimha Rao dan Manmohan Singh.

Mukherjee dianugerahi penghargaan sipil tertinggi India, Bharat Ratna, pada 2019.

Dia meninggalkan dua putra dan seorang putri.  Sementara Istrinya meninggal pada 2015 lalu.

Sumber:english.alarabiya.net

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo