Header Ads

Cegah Abrasi Pantai Padang, BPBD SUMBAR bangun Pengaman Pantai (Sea Wall)


Padang,Panjipost,- Padang sebagai ibukota provinsi sumatera barat yang berada disepanjang pinggiran pantai barat sumatera merupakan daerah pesisir yang masyarakatnya  sebagai nelayan.

Selain melaut, pinggiran pantai Padang juga menjadi sangat berpotensi untuk dikembangkan  menjadi kawasan wisata pantai seperti kawasan Batu Kalang di Kawasan Mandeh dan Kawasan Pantai Cerocok Painan dan pantai kata pariaman.

Namun mengembangkan kawasan ini sebagai kawasan wisata menemui banyak kendala dan hambatan ,salah satu hambatan yang memang menjadi kendala besar sekali adalah abrasi pantai yang sangat parah.

Sekitar 1,5 Km panjang pinggiran pantai rusak parah dan mengancam ratusan permukiman warga yang berada disepanjang pinggiran pantai. bahkan jarak bibir pantai dengan pemukiman warga  dan jalan hanya tinggal beberapa meter saja. jika ini tidak segera diantisipasi maka semua pemukiman warga hingga jalan akan menjadi pinggir pantai nantinya .

Seperti abrasi pantai yang terjadi baru ini dimuaro lasak  tepatnya di tugu merpati, pasir jambak serta didepan lembaga pemasyarakatan Padang.


Abrasi yang terjadi pada tugu merpati sebelumnya telah dilakukan pemasangan geo bag serta sea wall namun tingginya dan kuatnya hantaman gelombang tersebut tidak berpengaruh terhadap pengamanan garis pantai.

Suryadi  kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) BPBD SUMBAR ketika meninjau abrasi yang menerjang tugu merpati, mengakui kalau gelombang dan curah hujan  cukup tinggi terjadi di kota Padang dan terus mengikis bibir pantai.

Ia menambahkan, gelombang tinggi tidak hanya merusak bibir pantai dan keindahan kawasan wisata tugu merpati. Akan tetapi juga mengancam keselamatan para nelayan kecil.

Abrasi yang terjadi saat ini sangat kuat, hantaman gelombang sangat besar, apabila dibiarkan keindahan pantai muaro lasak ini dan tugu merpati  akan hancur"

Suryadi juga menambahkan  gelombang ombak saat ini juga tidak hanya sepanjang pantai padang ,akan tetapi juga telah menghantam sepanjang garis pantai barat,seperti pesisir selatan , pariaman dan ini juga berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat".

Abrasi atau erosi pantai adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut.

Bencana alam abrasi atau erosi yang diakibatkan oleh siklus alam yang tidak menentu menyebabkan gelombang pasang  yang cukup tinggi mencapai 4m dan curah hujan yang tinggi

"Dalam upaya penanggulangan bencana abrasi pantai Padang itu, maka BNPB membuatkan penahan ombak (seawall) pada bibir pantai yang mana pekerjaaanya tengah berlangsung pada 3 titik, diantaranya di kawasan mesjid Al-Hakim pantai Padang, kawasan tugu merpati serta kawasan pasir Jambak, dan diharapkan dengan adanya Seawall tersebut dapat mengurangi abrasi", ujar suryadi .(003)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo