Header Ads

Pembangunan Sea Wall Jadikan Tugu Merpati Makin Kokoh


Padang,Panjipost.com, - Monumen Merpati Perdamaian (Peace Dove Monument) adalah sebuah monumen yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 12 April 2016 di Taman Muaro Lasak, Padang, Sumatra Barat. Peresmian monumen ini merupakan bagian dari latihan maritim berbagai negara yang digagas TNI Angkatan Laut yang lebih populer disebut Multilateral Naval Exercise Komodo 2016.

Monumen Merpati Perdamaian yang menjulang  setinggi delapan meter dirancang dari metal dan menyerupai kertas origami.

Masalah abrasi yang kerap menghantui

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo saat meninjau abrasi pantai di kawasan Monumen Merpati Perdamaian di Pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Kamis (7/11)

Tugu Merpati Perdamaian, Muaro Lasak, Kecamatan Padang Barat yang berdiri dibibir barat pantai sumatera sangat rawan diterjang hantaman ombak dan Abrasi. 

Apalagi abrasi yang terjadi beberapa waktu lalu semakin parah, karung berisi pasir (geobag) yang disusun tak lagi kuat menahan air laut. Akibatnya destinasi yang menjadi andalan Kota Padang itu semakin rusak dan tampak hampir roboh.

Tak hanya itu saja, ombak besar yang kerap menghantam bibir pantai tersebut juga, merobohkan lampu penerangan yang berada di Tugu Merpati Perdamaian. Bahkan ombak juga, membuat pedagang yang biasanya berdagang di bibir pantai Muaro Lasak takut berjualan karena ganasnya ombak.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo menyebutkan bahwa bencana abrasi di kawasan Tugu Merpati Kota Padang merupakan ancaman yang permanen, untuk itu, solusi yang diperlukan juga harus permanen.

“Abrasi ini merupakan ancaman permanen Jika ancaman permanen, solusinya harus permanen juga,” ujarnya saat meninjau abrasi pantai di kawasan Monumen Merpati Perdamaian di Pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Kamis (7/11).

Menjadi Icon Wisata Bahari Kota Padang 



Suryadi Eviontri kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) BPBD SUMBAR ketika meninjau abrasi yang menerjang tugu merpati, mengakui kalau gelombang dan curah hujan  cukup tinggi terjadi di kota Padang dan terus mengikis bibir pantai.

Ia mengatakan, gelombang tinggi tidak hanya merusak bibir pantai dan keindahan kawasan wisata tugu merpati. Akan tetapi juga mengancam keselamatan para nelayan kecil.

Abrasi yang terjadi saat ini sangat kuat, hantaman gelombang sangat besar, apabila dibiarkan keindahan pantai muaro lasak ini dan tugu merpati  akan hancur"

Suryadi juga menambahkan  gelombang ombak saat ini juga tidak hanya sepanjang pantai padang ,akan tetapi juga telah menghantam sepanjang garis pantai barat,seperti pesisir selatan , pariaman dan ini juga berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat".

"Dalam upaya penanggulangan bencana abrasi pantai Padang itu, maka BNPB membuatkan penahan ombak (seawall) pada bibir pantai yang mana pekerjaaanya tengah berlangsung pada 3 titik, diantaranya di kawasan mesjid Al-Hakim pantai Padang, kawasan tugu merpati serta kawasan pasir Jambak, dan diharapkan dengan adanya Seawall tersebut dapat mengurangi abrasi", ujar suryadi

Khairul, salah seorang pengunjung kawasan wisata tugu merpati mengatakan, " Kita sangat mengapresisasi kinerja dari pihak rekanan dalam pengerjaan Sea Wall  di tugu merpati ini. Selain profesional dalam bekerja, rekanan juga pandai melakukan sosialisasi kepada warga. 

"Ya,kita berharap pekerjaan ini selesai secepatnya agar kawasan tugu merpati yang menjadi Icon perdamaian dan wisata Bahari, bisa menambah daya pikat  kota padang bagi para pengunjung dari luar daerah dan tentunya juga sangat berdampak bagi para penduduk  yang berdagang di pantai muaro lasak ini".

Apresiasi Dari Warga.


"PT Graha Bangun Persada selaku pihak rekanan yang dipercaya oleh BNPB sumbar sebagai pelaksana pada paket pekerjaan penanggulangan bencana berupa pembangunan Sea Wall disepanjang garis pantai tugu merpati selain profesial dalam bekerja, PT Graha BP juga pandai melakukan sosialosasi  secara humanis kepada masyarakat setempat.

"YA,kami sangat mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor, karna selain menambah indah kawasan tugu merpati,pemba gunan Sea wall ini juga dapat mengurangi hantaman dan abrasi yang kerap terjadi",pungkas berto 

Berto yang juga menambahkan, biasanya ketika musim pasang Rob dan angin kencang, hantaman ombak di pantai muaro lasak (tugu merpati) sangat besar dan tak jarang hantaman ombak tersebut sampai kejalan dan dengan adanya pembangunan Sea wall ini kami berharap hantaman ombak tersebut dapat diatasi.

Terpisah, Wati salah seorang pedagang dibantaran tugu merpati mengatakan, "dengan adanya Sea wall ini, para pengunjung ke tugu perdamaian merpati semakin meningkat,pasalnya Sea wall tersebut banyak dijadikan Spot dan objek oleh para pengunjung  dari luar kota maupun oleh masyarakat kota padang untuk ber swafoto.

Rekanan Yang Profesional.

Suryadi Eviontri, Kabid Rehab Rekon (RR) BPBD Sumbar

Pembangunan konstruksi penahan ombak yang dilakukan melalui paket kegiatan Penanganan Transisi Darurat Ke Pemulihan Abrasi Pantai Kota Padang pada titik ini memiliki panjang 423 Meter.

pekerjaan penanganan darurat abrasi pantai Padang kawasan Tugu Merpati yang dikerjakan oleh PT Graha Bangun Persada dengan biaya Rp. 5,9 milyar dengan konsultan pengawas  PT. Yasa Kreasindo Cemerlang lama pengerjaan 70 hari kalender sejak SPMK dikeluarkan Tanggal 11 Januari 2021.

Suryadi Eviontri, Kabid Rehab Rekon (RR) BPBD Sumbar sangat mengapresiasi pencapaian  pelaksanaan penanganan abrasi pantai Padang pada garis pantai kawasan Tugu Merpati oleh PT Graha Bumi Persada. 

"Iya, kami sangat mengapresiasi  pencapaian progres penanganan darurat abrasi pantai Padang pada garis pantai kawasan Tugu Merpati   oleh PT Graha BP yang lebih cepat dari kontrak kerja" papar Suryadi.


Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo