Header Ads

Atasi Momok Banjir ,BWSS V Padang Garap Batang Lembang.

Batang Lembang

Sumbar,Panjipost.com, - Wilayah Kota Solok dan Kabupaten Solok memiliki topografi yang bervariasi dan bergelombang antara dataran dan perbukitan.

Secara umum wilayah Kabuapten dan Kota Solok beriklim tropis dengan rata-rata curah hujan mencapai 174,13 millimeter pertahun dengan jumlah hari hujan mencapai 177 hari per tahun.

BANYAK SUNGAI

Sungai- sungai utama yang terdapat di Kota Solok adalah Batang Lembang,Batang Gawan, dan Batang Air Binguang.

Batang Lembang mempunyai karakteristik sungai dengan Pola Dendritik dan Bentuk Daerah Pengaliran sungai (DPS) berbentuk parallel.

Permasalahan banjir merupakan masalah yang sering terjadi pada daerah bantaran sungai bagian hilir yang mana luapan banjir Batang Lembang membanjiri sampai daerah daerah sekitar bantaran sungai.

Perkuatan tebing pengendalian banjir batang Lembang Kota Solok diharapkan dapat menahan debit limpasan sungai batang lembang disaat terjadi banjir bandang Q20 = 150 M3/dt. 4. 

Sedikit kita lihat definisi tentang banjir yaitu Banjir termasuk dalam salah satu gejala alam yang mempengaruhi kehidupan manusia dan dapat menimbulkan kerusakan. Dalam pengertian sederhana banjir adalah luapan air dalam jumlah besar yang menerjang dan menggenangi suatu daerah. Peristiwa meluapnya air tersebut masuk ke daerah kawasan pemukiman yang dihuni manusia akibat sungai tidak mampu lagi menampungnya. Suatu daerah tersebut disebut banjir jika air dalam jumlah banyak menutupi sebagian besar daerah yang luas. Sedangkan secara hidrologis, ada dua definisi tentang banjir yaitu setiap aliran yang merusak harta benda, ternak dan tanaman; dan setiap kondisi permukaan atau level air yang melebihi batas normal.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, SATKER PJSA IAKR  melalui kontrak kerja pembangunan prasarana pengendalian batang lembang diharapkan mampu mengatasi luapan banjir Batang Lembang pada daerah daerah sekitar bantaran sungai.

Rusman salah seorang warga tempatan mengaku sangat senang dengan adanya proyek pengendalian batang lembang oleh pemerintah ini.

"Ya, kita sangat senang dengan adanya proyek pengendalian batang lembang oleh pemerintah, ini adalah bukti nyata kalau pemerintah sangat memperhatikan warganya " ungkap Rusman.

Lebih lanjut Rusman mengatakan banjir yang terjadi pada batang lembang ini sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat apalagi ketika musim hujan.debit air sungai yang tinggi ketika hujan seakan akan menjadi bom waktu yang bisa mengakibatkan banjir dan merusak daerah daerah sepanjang bantaran sungai.

Seperti kita ketahui sepanjang daerah bantaran sungai batang lembang ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dengan bercocok tanam dan bertani,jadi ketika banjir datang,pasti akan merusak semuanya ulas Rusman.

Selain manfaat pembangunan ini juga nantinya bisa dirasakan,untuk saat ini kami juga bisa bekerja pada proyek pengendalian Batang Lembang yang mana pada masa masa pandemi COVID19 ini sangat susah memcari kerja terang Rusman 



Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo