Header Ads

Dukung Ketahanan Pangan, BWSS V Padang Rehabilitasi DI Batang Tongar

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sumbar,Panjipost.com, - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi dilakukan guna menunjang produktivitas dalam bidang pertanian, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan membantu memulihkan perekonomian masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

“Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat memberikan manfaat yang nyata di mana air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” tutur Menteri Basuki lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (11/5/2021).


DI Batang Tongar di Kabupaten Pasaman Barat merupakan kegiatan Pemerintah Pusat dalam memprioritaskan bagaimana jaringan irigasi yang terdapat di Pasaman Barat dapat berfungsi dengan baik guna ketahanan pangan nasional sehingga sektor pertanian dan ketersedian air dapat di atur dengan baik melalui jaringan irigasi yang layak guna kelancaran pera petani di Pasaman Barat.

Seperti diketahui pekerjaan rehabilitasi yang digawangi oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang ini menghabiskan dana yang tidak sedikit yaitu dengan sumber dana Loan IPDMIP senilai Rp. 28.992.462.000,00”.

Anggaran yang sangat besar, tentunya Pemerintah sudah memikirkan manfaat dan tujuan dari rehabilitasi Jaringan Irigasi Batang Tongar tersebut.

Ilham Frizen (PPK IAKR BWSS V Padang) Untuk kegiatan batang tongar tersebut mengatakan  progres kegiatan sudah 89 % .

Target pembangun DI Batang tongar ini akan dapat mengairi sekitar 3000HA sawah dengan sarat lahan sawit kembali menjadi lahan pertanian (sawah).

Ilham frizen juga menambahkan untuk kendala dilapangan sejauh ini tidak ada dan kita butuh penambahan dana agar pekerjaan rehab DI.Batang tongar ini tuntas.

Terpisah, Terpisah Vidi   Bhuwana,ST,MDM. Kepala seksi pelaksanaan pada BWSS V Padang  mengatakan kegiatan pengawasan untuk pekerjaan rehab DI Batang Tongar, sesuai kontrak diserahkan kepada PT. Brahma Seta Indonesia. selaku Konsultan Supervisinya, dan menurut hemat saya, konsultan supervisi sudah cukup maksimal dalam melaksanakan tugas-tugasnya agar pelaksanaan pekerjaaan lancar dan yang dikerjakan sesuai mutu.(andi)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo