Header Ads

Program P3-TGAI BWSS V ,Telah Serap Anggaran sekitar 70% disetiap Lokasi


Padang,Panjipost.com, - Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi( P3-TGAI) adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A).

P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sector strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawa cita ke tujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan.

Perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif tersebut merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat petani secara terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi. Proses pemberdayaan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan konstruksi, pengawasan, dan pengelolaan jaringan irigasi dengan melibatkan peran serta masyarakat sebagai pelaksana kegiatan.

KASATKER Operasi dan Pemeliharaan Sumber daya air BWSS V Padang Aditya Sidik Waskito ST, MT, M.Si mengatakan Program P3-TGAI tahun anggaran 2021 pada BWSS V Padang sudah berjalan dengan serapan anggaran sekitar 70% disetiap lokasi,rabu (02 juni 2021).

Dilansir dari laman sda.pu.go.id Aditya Sidik Waskito, ST, MT, M.Si menyampaikan kepada kelompok P3A bahwa P3TGAI merupakan Program Kementerian PUPR yang banyak diminati oleh Kelompok Tani diberbagai daerah, namun ketersediaannya masih terbatas. Aditya berpesan kepada P3A yang telah terpilih untuk bekerja dengan sebaik – baiknya dan pekerjaan dilakukan secara swakelola dan diprioritaskan kepada pekerja yang terdampak Pandemi Covid-19.

Saat ini BWS Sumatera V ada sebanyak 207 Lokasi, yang tersebar di seluruh Propinsi Sumatera Barat, sebagaimana kegiatan yang bersifat partisifatif, maka peran serta masyarakat sangat diharapkan, mulai dari tahapan validasi, verifikasi dan pelaksanaan hingga serah terima hasil pekerjaan, setelah pekerjan selesai maka hasil pekerjaan akan diserahkan kepada pihak Nagari, dan pemeliharaannya akan dilakukan oleh petani sendiri.(**)


Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo