Header Ads

Lapas Padang Buka Vaksinasi Massal Untuk Masyarakat



Padang,Panjipost.com,  – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang bekerjasama dengan Kodim 0312/Padang dan Dinas Kesehatan Kota Padang membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum pada Sabtu (17/7) lalu. Kegiatan vaksinasi massal tersebut menargetkan 352 orang divaksinasi dan ditinjau langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Barat R. Andika Dwi Prasetya dan Dandim 0312/Padang Kolonel Inf Mch Ghoffar beserta  jajaran di Gedung Pusat Layanan Terpadu Lapas Kelas IIA Padang. 

Kakanwil R. Andika menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya mencegah timbulnya cluster baru di lingkungan lapas/rutan. “Seluruh lapas/rutan di lingkungan Kanwil Sumbar telah menjalani vaksinasi baik itu bagi petugas maupun WBP. Kita akan upayakan berbagai cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Terima kasih kepada pihak yang telah mendukung pelaksanaan giat vaksinasi massal ini kepada Kodim 0312/Padang dan Dinas Kesehatan Kota Padang. Semoga kegiatan ini bisa menekan lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi akhir-akhir ini,” ujar Kakanwil.

Dandim 0312 Padang, Kolonel Inf Mch Ghoffar mengatakan bahwa pihaknya akan terus serbu masyarakat baik di kota maupun di desa untuk divaksinasi. ”Kami sadari bahwa masih ada saudara – saudara kita yang belum divaksin khususnya masyarakat yang jauh dipelosok desa, namun kami akan berupaya agar semuanya dapat divaksin dengan menggerakkan seluruh Babinsa yang ada,” ucap Kolonel Inf Mch Ghoffar.

Kapala Lapas Kelas IIA Padang Era Wiharto juga menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi massal ini ditujukan bagi seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP), petugas dan masyarakat sekitar yang belum mendapat vaksinasi Covid-19. “Kita membuka dua pos vaksinasi yakni di dalam lapas tepatnya di Hall Kunjungan yang diperuntukkan bagi petugas dan WBP,  kemudian pos kedua bertempat di halaman Lapas Kelas IIA Padang yang diperuntukkan bagi masyarakat umum,” ungkap Kalapas.

Tercatat, hingga pukul 17:00 WIB, dari 352 kuota yang tersedia total jumlah dosis vaksin yang terpakai sebanyak 334 dosis dengan rincian vaksinasi di dalam lapas menghabiskan sebanyak 152 dosis yakni 74 orang WBP, 12 orang petugas pemasyarakatan , 27 orang keluarga petugas dan 39 orang masyarakat umum. Vaksinasi di halaman lapas menghabiskan sebanyak 182 dosis yakni 6 orang petugas pemasyarakatan dan 176 orang masyarakat umum. 

Kalapas juga mengapresiasi kerja keras seluruh tim kesehatan baik itu dari Kodim 0312/Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang dan Tenaga Kesehatan Lapas Kelas IIA Padang sebagai garda terdepan yang telah bekerja dengan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada WBP, petugas dan juga masyarakat yang datang untuk divaksinasi. 

Sejak dibuka hingga selesai, kegiatan vaksinasi massal berjalan dengan tertib dan kondusif berkat kerjasama tim pengamanan Lapas Kelas IIA Padang dan jajaran Kodim 0312/Padang. (Rel)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo