Header Ads

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Tinjau Bendung Gerak Tempe



Sulsel, Panjipost.com, - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras meninjau Bendung Gerak Tempe di Kab. Wajo, Sulsel, Kamis (9/9/). Bendung gerak ini berperan penting dalam upaya menjaga fungsi tampungan air Danau Tempe.

Bendung Gerak Tempe  membendung aliran air dari Danau Tempe pada musim hujan sebagai pengendali banjir di wilayah hilir Sungai Cenranae dan mempertahankan muka air danau pada musim kemarau pada elevasi tertentu untuk menjaga kontinuitas air irigasi area pertanian dan perikanan. 

Danau Tempe sendiri adalah satu dari 15 danau kritis di Indonesia yang sebelumnya mengalami pendangkalan akibat masifnya pertumbuhan eceng gondok, sedimentasi, dan okupasi lahan. 

Untuk mengembalikan fungsi alami danau ini, Kementerian PUPR melakukan revitalisasi melalui pengerukan, pemancangan cerucuk bambu, pengendalian gulma air dengan pembersihan rutin eceng gondok, serta pemasangan geokomposite dan geosintetis. (*)

#SigapMembangunNegeri

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo