Header Ads

Jembatan Air Pejagaan CS Tengah Dilakukan, Noor Arias Syamsu Himbau Pengendara Untuk Hati-Hati

Kasatker PJN Wilayah I Sumbar, Thaibur,ST.MT


Sumbar,Panjipost.com, - Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan masih menjadi program prioritas utama yang berkelanjutan dan berkesinambungan. Dari visi dan misi yang dicanangkan yaitu terwujudnya pembangunan jalan dan jembatan yang mantap dalam rangka mendukung kemandirian pemerintah dan masyarakat.

Dalam keterbatasan alokasi anggaran, Ditjen Bina Marga Kementrian PUPR terus berupaya mewujudkan visi misi yang dicanangkan ini.

Berdasarkan data yang dihimpun, ruas jalan nasional di Sumbar memiliki 816 jembatan, yang mana jembatan-jembatan tersebut berada dibawah kewenangan Balai Pelaksana Jalan Nasional Padang (BPJN Padang).

Dari 816 jembatan ini, lebih dari 10 % dinyatakan uzur (jembatan tua), dan wajib segera dilakukan pergantian, karena sangat dikawatirkan pembebanan tidak sesuai dengan kapasitas dan sewaktu-waktu Infrastruktur pendukung jalan ini dapat membahayakan.

Pelan namun pasti, dalam ketebatasan alokasi anggaran, BPJN Padang terus membenahi jembatan berusia tua tersebut secara bertahap.

Pada TA 2022 ini, BPJN Padang kembali melakukan giat pembangunan penggantian jembatan tua, seperti pada perkerjaan penggantian Jembatan Air Pejagaan CS. Kegiatan ini digabung dalam satu paket lelang.

Saat ini kegiatan pergantian Jembatan Air Penjagaan CS tengah dilakukan" ungkap Kasatker PJN Wilayah I Sumbar, Thaibur,ST.MT melalui PPK 1.3 Noor Arias Syamsu.ST.M.Si. (29/03/).

Lebih lanjut Noor Arias Syamsu memaparkan, "Penggantian Jembatan Air Pejagaan CS terdiri dari 3 lokasi, yakni Jembatan Air Pejagaan, lokasi pada ruas jalan panti - bts Kota Lubuk Sikaping KM 183+000, Jembatan Air Pilubang II, lokasi pada ruas jalan panti - bts Kota Lubuk Sikaping KM 173+000, dan Jembatan Lubuk Bauak, lokasi ruas jalan bts Kota Padang Panjang - Kubu Kerambil KM 79+000.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dikerjakan oleh PT.Apacont Jaya Abadi (PT.AJA) sebagai kontraktor pelaksana, dengan No kontrak 02/PPK/SK-PJN I - Bb 03.23.1.3/1/2022, dan PT.Garis Putih Sejajar KSO PT.Guteg Hariondo dan CV.Parades Karya Consultant sebagai supervisi".ungkapnya.

Secara terpisah, Antoni Eka Saputra dari PT.Apacont Jaya Abadi memaparkan, "kegiatan pembangunan pergatian Jembatan Air Pejagaan CS yang saat ini tengah berjalan dipastikan terlaksana secara tepat dan terukur, sesuai spesifikasi teknis" jelasnya (30/03).

"Pelaksanaan perkerjaan mengacu pada perencanaan yang ada, dan jikapun ada perubahan untuk menyesuaikan kondisi terkini dilapangan, kami akan lakukan rekayasa-rekayasa teknis yang melibatkan seluruh unsur terkait yang berkompeten, seperti konsultan supervisi, dan pihak Satker"

"Hal ini dilakukan agar tindakan yang diputuskan dan dilaksanakan tidak mengurangi kualitas konstruksi yang dibangun" tegas Antoni.

Dan untuk menjaga agar arus lalulintas tetap berjalan kondusif, kami telah membangun jembatan sementara/darurat, serta memasang rambu-rambu sesuai arahan dan kebutuhan" jelasnya.

Sebelumnya, Kasatker PJN Wil I Sumbar, Thaibur.ST.MT melalui PPK 1.3 Noor Arias Syamsu mengingatkan agar pengguna jalan untuk selalu ekstra hati-hati, dan memperhatikan rambu-rambu yang ada, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (dn)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo