Header Ads

Mengenal Sosok Wilson Lalengke



Panjipost.com, -  Wilson Lalengke atau yang populer disapa Shony oleh teman-teman sekelasnya, sesama mahasiswa S-2 di Eropa, memiliki karakter Indonesia murni yang suka "angin" dan keras kepala, serta suka melawan arus. Meski sering diperingatkan oleh atasannya, “jangan melawan matahari, mata bisa buta”, namun ia tetap berpegang pada prinsip bahwa lebih baik buta, daripada memutihkan mata untuk melihat ketidakbenaran dan kejahatan yang terjadi. di depan mata.

Lahir sebagai anak pertama dari keluarga petani miskin berusia 50-an tahun lalu dengan nama keluarga Wilson dan nama keluarga (Fam) Lalengke, di sebuah desa kecil yang telah dihancurkan dan ditinggalkan oleh penduduknya di pedalaman Sulawesi Tengah. Desa tua itu disebut Kasingoli.

Ibunya, Wuranggena Kulua, dan almarhum ayahnya, Sion Lalengke, saudara dan keluarga besar, serta orang-orang di desanya, sosok ini biasa dipanggil "Soni". Pasalnya, kata "Wilson" merupakan produk Barat yang tidak dikenal di masyarakat desa kecil tradisional. Akhirnya, Ibu mengambil tiga huruf terakhir dari kata, SON, dan menambahkannya dengan I, menjadi SONI, yang kemudian bermetamorfosis ke bentuknya yang sekarang, Shony.

Wilson cukup beruntung. Pertengahan tahun 2000, ia yang saat itu bekerja sebagai guru SMA di Pekanbaru berkesempatan mengunjungi Jepang melalui Youth Invitation Program yang disponsori oleh Japan International Cooperation Agency (JICA). Ia terpilih dari ribuan guru di seluruh Indonesia untuk mengikuti program tersebut. Empat tahun kemudian, Wilson mendapat kesempatan menerima beasiswa untuk melanjutkan studi pascasarjana di Eropa. Secara berturut-turut, ia menyelesaikan studi pascasarjana, Magister Etika Global di University of Birmingham, Inggris pada tahun 2006 dengan beasiswa Ford Foundation-International Fellowships Program, dan Magister Etika Terapan di konsorsium Universitas Utretch di Belanda dan Universitas Linkoping di Swedia pada tahun 2007, dengan dukungan beasiswa dari Komisi Eropa melalui program Erasmus Mundus, Lima tahun kemudian.

Dalam upaya mengembangkan dirinya, melalui jaringan pendidikan hingga mencapai jenjang pasca sarjana, Wilson yang menyelesaikan pendidikan Strata-1 (S-1) di Universitas Riau, Pekanbaru, melewatinya dengan perjuangan yang tak bisa dikatakan mudah. Sebagaimana diketahui bahwa mengenyam pendidikan, khususnya pada jenjang pendidikan tinggi, bagi warga negara yang terpinggirkan di tanah air merupakan suatu kesulitan yang belum terselesaikan hingga saat ini.

Sebelum akhirnya "terdampar" di Sumatera, Wilson yang semasa kecil bercita-cita menjadi diplomat, menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kampung halamannya, Sulawesi Tengah. Setelah lulus SD di SD Negeri Inpres Lee, di sebuah kecamatan terpencil, Kecamatan Mori Atas, ia kemudian melanjutkan ke SMP Negeri Tomata, di ibu kota kecamatan tersebut. Hanya setahun di sana, ia pindah dan belajar di SMP Negeri 2 Poso, untuk kemudian melanjutkan sekolah di SMA Negeri 2 di kota yang sama. 

Hampir setahun menganggur setelah lulus SMA, Wilson yang hobi beternak ayam dan memancing, kemudian merantau ke Bandung dengan tujuan utama mengadu nasib mencari pekerjaan pada 1986.

Karena sulitnya mendapatkan pekerjaan di kota yang dingin itu, ia pun melakukan perjalanan ke Pekanbaru, Provinsi Riau, pada akhir tahun juga. Di Pekanbaru, dengan bantuan keluarga ahli saraf, keluarga dr. Chris Rumantir, Wilson yang gemar makan buah-buahan ini akhirnya bisa mendapatkan kesempatan belajar setelah berhasil meraih kursi melalui Sipenmaru (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru, mirip dengan UMPTN sekarang) di Universitas Riau. Ia diterima di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, untuk program studi PMP-KN, jenjang Diploma-2, pada tahun 1987 dan selesai tepat 2 tahun kemudian.

Sebelum berangkat kuliah di Eropa, Wilson yang menikah dengan Winarsih, perempuan Jawa asal Blitar lebih dari 20 tahun lalu, tercatat bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Walikota Pekanbaru. Seperti halnya studinya, perjalanan karirnya juga penuh dengan lika-liku yang sulit. Ia memulai karir sebagai guru honorer setelah menyelesaikan program Diploma-2, di sebuah SMP swasta di pinggiran kota Pekanbaru pada tahun 1989. Setahun kemudian ia mendapat pekerjaan sebagai guru pegawai negeri sipil di sebuah SMP negeri di daerah terpencil. di Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Lebih dari dua tahun mengabdi di sana, ia kemudian meminta pemindahan tugas ke Pekanbaru, terutama dilatarbelakangi keinginan untuk melanjutkan studi. Pada tahun 1994, ia hanya mampu melanjutkan studinya dengan status “izin belajar” pada jenjang S-1 di Universitas Riau dengan tetap menjalankan tugas sehari-hari sebagai pegawai negeri sipil, namun saat itu ia dipindahkan ke Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Wilson yang telah dikaruniai empat orang anak - Winda, Anggi, Angga, Anggun - ini kemudian ditugaskan menjadi guru di salah satu SMA unggulan di Pekanbaru sejak pertengahan tahun 1998, setelah ia menyelesaikan program sarjananya setahun sebelumnya. Selain mengurus mata pelajaran utama sesuai dengan latar belakang pendidikannya, ia juga aktif sebagai pengajar komputer dan internet untuk mahasiswa dan teman-teman seprofesinya. Lima tahun mengabdi sebagai "cik-gu" di SMA Negeri Plus Provinsi Riau, ia kemudian dipindahkan ke SMK Negeri 2 Pekanbaru.

Dalam pekerjaan barunya, Wilson yang dipercaya sebagai ketua Jaringan Informasi Sekolah (JIS) Pekanbaru sejak 2002, tampaknya telah menemukan dunianya: "dunia maya" sebagai area untuk menggali, mencari dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk perbaikan diri. Dunia teknologi informasi kemudian menjadi bagian dari kesehariannya. Membangun jaringan atau network antar sekolah di Pekanbaru melalui program Wide Area Network (WAN) dan melakukan berbagai pelatihan baik bagi siswa maupun guru sekolah-sekolah di Pekanbaru merupakan tugas utama SMK. Kerjasama dengan beberapa instansi juga dijalin untuk mensukseskan program “literasi IT” di kota ini, seperti dengan PT. Telkom, PT. Cross Money, dan lain-lain.

Setelah menyelesaikan program magisternya, Wilson yang menyukai spionase dan fiksi, kembali ke Indonesia menjelang akhir tahun 2007.

Sebagai wadah implementasi atau penerapan ilmu yang diperoleh di program pascasarjana, ia aktif sebagai penulis di media online Kabar Indonesia, Koran Online Pewarta Indonesia, dan berbagai media online lainnya. Karena dengan cara ini, menurut dia, pemikiran-pemikiran berdasarkan teori-teori filsafat dan etika yang dipelajari selama perkuliahan dapat disebarluaskan kepada setiap mahasiswa di seluruh nusantara.

Dalam pergaulan sehari-harinya, Wilson yang kecanduan makan popeda, sejenis makanan sagu, adalah teman baik, kata rekan-rekan terdekatnya. Ia juga merupakan sosok ayah yang disayangi oleh anak-anaknya. Namun Wilson juga terkadang tidak menyenangkan bagi sebagian orang, terutama karena karakternya yang keras kepala dan sifatnya yang suka melawan arus. Meski sering diperingatkan oleh atasannya, “jangan melawan matahari, mata bisa buta”, namun ia tetap berpegang pada prinsip “lebih baik buta dari pada mata putih untuk melihat ketidakbenaran dan kejahatan yang terjadi di depan mata…”

Itulah Wilson Lalengke, seorang anak bangsa yang memiliki sedikit keinginan, kecuali berharap agar seluruh rakyat Indonesia benar-benar diberi kesempatan untuk menjadi manusia sejati sepanjang hidupnya. *

Disusun dari berbagai sumber


Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo