Header Ads

Cegah Banjir, BWSS V Padang Lakukan Pengerukan Kolam Retensi Cimpago



Padang,Panjipost.com, - Kota Padang merupakan salah satu kota dengan intensitas curah hujan. Intensitas curah hujan yang tinggi tersebut mengakibatkan genangan air bahkan mengakibatkan banjir, salah satunya disebabkan dengan tinnginya sedimen pada kolam retensi cimpago yang berada di purus V.

Kolam retensi adalah kolam yang berfungsi untuk menampung air hujan sementara waktu dengan memberikan kesempatan untuk dapat meresap kedalam tanah yang operasionalnya dapat dikombinasikan dengan pompa atau pintu air. Konsep dasar dari kolam retensi adalah menampung volume air ketika debit maksimum di sungai datang, kemudian secara perlahan lahan mengalirkannya ketika debit di sungai sudah kembali normal. Secara spesifik kolam retensi akan memangkas besarnya puncak banjir yang ada di sungai, sehingga potensi overtopping yang mengakibatkan kegagalan tanggul dan luapan sungai tereduksi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang dengan SATKER OP SDA pada tahun anggaran 2022 melakukan pengerukan sedimen kolam retensi cimpago.

Pekerjaan pemeliharaan berkala kolam retensi danau cimpago dengan nomor kontrak HK.02.03/K.01/Satker OP SDA/II/III/2022 tanggal 25 maret 2022 dengan angggaran Rp.2.400.275.400,00- dikerjakan oleh CV Antokan sebagai pelaksana, dan PT.Afizah Billimko Konsultan sebagai konsultan pengawas.

Pengerukan kolam retensi danau Cimpago yang lama pengerjaannya 180 hari, diharapkan selesai dan tuntas tepat waktu ujar Doni.

"Kita berharap pengerukan kolam retensi ini dapat selesai tepat waktu, pasalnya sebentar lagi kita akan memasuki bulan- bulan musim penghujan" ujar Doni kepada awak media.

"Kita sebagai warga juga berterimakasih kepada pihak kementrian pekerjaan umum yang telah menganggarkan dana untuk melakukan pengerukan kolam retensi danau cimpago ini", ujarnya.

"Selain bisa mengatasi banjir pengerukan ini juga sebagai  sarana pariwisata air dan juga sebagai konservasi air, karena mampu meningkatkan cadangan air tanah setempat" ungkap Doni kepada awak media.


Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo