Header Ads

Dukung Ketahanan Pangan, BWS S V Padang Bangun Embung Unand



Padang,Panjipost.com, - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) komitmen mewujudkan program ketahanan pangan.

Salah satunya adalah dengan pembangunan infrastruktur Embung di daerah yang mayoritas masih banyak lahan pertaniannya.

Embung merupakan infrastruktur yang diharapkan mampu memberikan pelayanan pada pertanian dalam waktu panjang dan salah satu sektor pendukung utama bagi keberhasilan pertanian, terutama dalam rangka meningkatkan produksi pangan.

Selain fungsi utamanya sebagai waduk penampung air untuk sarana pertanian, pembangunan embung diharapkan bisa menjadi objek rekreasi baru dan lokasi pemancingan di kota Padang.

Seperti kita ketahui Embung adalah bangunan konservasi berbentuk kolam/cekungan untuk menampung air hujan, air limpasan, mata air dan atau sumber air lainnya, yang terbuat dari bahan beton, tanah yang diperkeras, lembaran terpal atau geomembran untuk dipergunakan mendukung usaha pertanian, peternakan maupun perikanan.


BWSS V Padang melalui SNVT PJPA WS. IAKR  yang tengah melaksanakan proyek pembangunan embung Unand kota Padang dengan nomor kontrak HK.02.03/01/SNVT-PJPA WS.IAKR/ATAAB/II/III/2022.

Proyek Embung Unand dengan rekanan CV.Saguna Karya Pratama telah berjalan dengan progres mencapai 32% .

Dian Citra Ari wibowo, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada proyek embung Unand kepada Panjipost.com mengatakan "kegiatan kita sudah mencapai progres 32%".

"Untuk kendala dilapangan sampai saat ini tidak ada" ungkap Dian.

Dian juga mengatakan kami tidak ada memanfaatkan oknum preman seperti yang banyak di isukan, tapi karena lokasi proyek adalah wajib K3 maka semua tamu yang datang wajib lapor dan isi buku tamu.

"Kami terbuka, apalagi lokasi berada di lembaga pendidikan, mahasiswa atau siapapun yang ingin belajar silahkan datang tetapi melalui prosedur" ungkap Dian.

Terpisah Ikhwan (39 Tahun) mengaku merasa sangat bersyukur dengan adanya pembangunan Embung Unand oleh BWS-S V Padang.

"Sudah bertahun-tahun kami menunggu proyek ini, dan alhamdulillah baru sekarang bisa terealisasi. Kami tidak ingin ada kendala selama pengerjaanya".

"Proyek pembangunan ini benar-benar telah mendatangkan berkah bagi kami masyarakat sekitar" ujar Ikhwan.(Aw).


Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo