Header Ads

H. Benny Utama Sosok Pemimpin yang Dicintai Masyarakat



Pasaman, Panjipost.com, - Kepala daerah memegang posisi sentral dalam memajukan daerah pada di era otonomi daerah sekarang. 

Otonomi daerah yang diikuti dengan pemilihan langsung kepala daerah, memberikan kewenangan yang besar bagi kepala daerah (terutama Bupati dan Walikota) dalam mengambil keputusan pemerintahan, untuk kepentingan rakyatnya.. 

Kepala daerah mendapat legitimasi lebih kuat, dibanding saat dipilih oleh anggota DPRD. Hal ini memberikan peluang lebih besar untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Namun semua kebaikan bagi daerah bisa dicapai, terpulang juga pada kemampuan kepala daerah, komitmen yang ditancapkan, serta penguasaan Sang Kepala Daerah terhadap kondisi dan potensi daerah, serta sejauh mana Dia tahu keadaan dan kebutuhan prioritas masyarakatnya.

Namun, dari kewenangan besar tadi, ada beberapa instrumen yang dimiliki oleh kepala daerah untuk dapat berinovasi meningkatkan kemajuan daerahnya, antara lain:

1. Kewenangan/Otoritas, yakni kewenangan untuk mengambil kebijakan dalam memajukan daerahnya sesuai ketentuan.

2. Mengelola anggaran. Sesuai dengan UU No. 33 Tahun 2004, Kepala Daerah mengelola pendapatan yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dari APBN dan lain-lain Pendapatan Daerah yang sah. 

3.Kewenangan mengelola SDM untuk melaksanakan pembangunan daerah.

4. Instrumen lain berupa kerjasama dalam membangun daerah. Kerjasama dimaksud dapat dilakukan dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, BUMN/BUMD dan Swasta.

Oleh karenanya, dalam menjalankan otonomi daerah dibutuhkan kepala daerah yang mempunyai strong leadership, berintegritas termasuk bersih dari KKN, inovatif dan kreatif, berpikir out of the box dan bekerja dengan tulus untuk rakyat dan kemajuan daerah. 

Kabupaten Pasaman dibawah kepemimpinan Bupati H. Benny Utama SH, MM berhasil sebagai Kabupaten yang meningkatkan Status dari Berkembang menjadi Maju oleh Kementerian PDT, sesuai Klasifikasi Indeks Pembangunan Desa th. 2021.

Adapun kemajuan kemajuan yang telah dicapai tentunya juga ikut meningkatkan taraf hidup masyarakat baik disektor perdagangan,  pertanian maupun pada sektor pariwisata. 

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo