Header Ads

Suharjono: Biarkanlah mengalir bagaikan air



SUMBAR  - Pemilihan Kepala Daerah "PILKADA" akan digelar secara serentak di perhelatan, Pemilihan Umum "PEMILU" tahun 2024. 

Menjelang diselenggarakannya pesta demokrasi, berbagai partai pendukung bakal calon yang diusung telah memunculkan nama-nama kandidat terbaiknya. 

Begitu juga dengan bakal calon Bupati Pasaman, (Sumbar), sudah tercium rumor nama-nama  kandidat. Salah satunya adalah seorang anak bangsa. Yang berinisial, Suharjono, SE Sekretaris Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Barat (DPRD Sumbar).

Sistem Pilkada serentak di tahun 2024 merupakan kelima kalinya diselenggarakan, serta merupakan yang pertama kalinya melibatkan seluruh provinsi, kabupaten, dan kota yang ada di Indonesia.

Adapun total daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak pada tahun 2024 sebanyak 548 daerah dengan rincian 38 provinsi, 415 kabupaten, dan 98 kota.

Diketahui, Sekretaris Komisi IV di DPRD Sumbar yang akrab disapa Bang Jono, ternyata memiliki segudang pengalaman, baik di organisasi kemasyarakatan, maupun di pemerintahan. Bahkan, kepedulian terhadap sesama, terutama masyarakat Pasaman sudah tidak diragukan lagi. Sosok Bang Jono yang sederhana, tercermin dari caranya beradaptasi dengan berbagai kalangan. Baik, itu akar rumput maupun Eksekutif.

Menurut pandangan sebagian tokoh masyarakat Sumbar, Pasaman sangat membutuhkan figur seorang pemimpin yang memiliki kemampuan dan keberanian serta berintegritas untuk melakukan terobosan, dan perubahan di berbagai bidang. Hal itu selaras dengan kebijakan pemerintah pusat dan daerah sesuai perundang undangan yang berlaku. 

Pemimpin ideal yang diinginkan masyarakat Pasaman adalah pimpinan yang mampu melakukan  perubahan nyata diberbagai sektor untuk tujuan kesejahteraan masyarakat. 

"Kalau masyarakat mau sejahtera tentunya seorang pemimpin harus bisa  memberikan ruang dalam mengimplementasikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakatnya. Dialog komunikatif seorang pemimpin sangat diperlukan sehingga tahu betul apa yang menjadi kebutuhan ditengah masyarakat. Dan semua kriteria tersebut ada sama Bang Jono, yang saat ini tengah digadang-gadang sebagai calon kuat Bupati Pasaman ujar Miswan (57) salah seorang warga Pasaman.

Seorang pemimpin, menurut Miswan, juga harus memiliki wawasan kebangsaan yang luas baik dalam Idiologi, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, yang kita kenal dengan sebutan IPOLEKSOSBUD. 

"Dalam berideologi berbangsa dan bernegara,  Pancasila dan Undang undang Dasar 45 menjadi pedoman dasar hukum yang harus diimplementasikan," katanya.

Begitu juga dalam pembangunan dan pendidikan politik  di masyarakat, di bidang Ekonomi berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat serta pada bidang sosial dan Budaya.

Masyarakat Indonesia dikenal memiliki kekayaan dalam hal budaya dan kehidupan sosial. Hal ini dipengaruhi dari keanekaragaman suku dan budaya di dalamnya. 

Dengan perkembangan zaman, ancaman yang muncul adalah hadirnya kebudayaan-kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat Indonesia.

"Semua Itu saling berhubungan satu dengan yang lainnya untuk tujuan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara," ujar Miswan.

Terpisah, Bang Jono saat dihubungi awak media, disinggung mengenai partai apa yang mengusungnya sebagai Bakal calon Bupati Pasaman, Bang Jono dengan semangat menjelaskan. Bahwa, nanti juga masyarakat akan "Paham". Biarkanlah mengalir bagaikan air," katanya mengakhiri, sembari berharap dukungan semua pihak. An

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo