Header Ads

Kontes Ayam Kukuek Balenggek Meriahkan Hari jadi PUPR yang ke 78 di Sumbar



Padang,- Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V (BWSS V) Much Dian Alma'ruf resmi buka kontes ayam kukuek balenggek. Kegiatan ini diadakan oleh Komunitas Ayam Kukuak  Balenggek Sumatera Barat bekerjasama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera V dalam rangka memperingati Hari Jadi PUPR yang ke 78 tahun melaksanakan kontes ayam kukuak balenggek. Kegiatan ini dilaksanakan di Danau Cimpago Kota Padang, Minggu (17/12/2023).

Dalam sambutannya Kepala BWSS V mengatakan Danau Cimpago Kota Padang ini perlu dijaga kelestarian dan kebersihannya. Ketika danau bersih, mari kita adakan iven disini. kalau kita ada kegiatan danau ini akan tetap terjaga, ujarnya.

Kegiatan ini terlaksana ketika berbincang- bincang dengan pak Rosi, apa Iven yang bisa dilakukan dalam waktu dekat, maka disimpulkanlah bersama pak Rosi kita bisa adakan kontes ayam kukuak balenggek, tutur Dian menceritakan.

Lebih lanjut dikatakan Much. Dian Alma'ruf kontes ayam kukuek balenggek ini juga berkaitan dengan Hari Jadi PUPR yang ke 78 tahun.

Kontes ini, selain silaturrahmi bisa memiliki nilai ekonomi, tambah Dian.

Bahkan Endemik ayam kukuek balenggek bisa mengangkat Nilai Budaya kas Sumatera Barat, jelasnya lagi.

"Dengan membaca bismillahirrahmanirrahim kontes ayam kukuek balenggek dalam rangka memperingati Hari Jadi PUPR ke 78 tahun resmi dibuka", kata Dian.

Rosi Herman Ketua Komunitas Ayam Kukuak Balenggek Sumatera Barat menjelaskan Ayam kukuak balenggek adalah ayam kampung asli Sumatera Barat. Ayam endemik ini hanya dapat ditemukan di wilayah Kabupaten Solok, terutama Kecamatan Payung Sakaki dan Tigo lurah.

Solok adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini merupakan salah satu sentra produksi beras terbesar di Sumatera Barat. Ayam kukuak balenggek resmi dijadikan sebagai fauna maskot Kabupaten Solok pada tahun 1996, jelas Rosi Herman. 

#Buya


Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo