Header Ads

Hadapi arus mudik dan balik Idul Fitri 2024, Ditlantas Polda Sumbar Terapkan One Way Sistem



Sumbar,- Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Barat kembali menerapkan jalur satu arah atau one way sistem di rute Padang-Bukittinggi saat arus mudik dan balik Idul Fitri 2024.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Nur Setiawan mengatakan, terdapat perubahan one way sistem yang nantinya diterapkan. Salah satunya, perubahan rute.

"Untuk rekayasa lalu lintas, Polda Sumbar akan menerapkan one way Jalur Padang-Bukittinggi. Sesuai evaluasi tahun lalu, akan kami lakukan perubahan rute," terang Dwi, Jumat (22/3/2024).

"Perubahan rute itu, yakni one way sistem untuk rute Padang-Bukittinggi akan melintasi jalur Malalak, Kabupaten Agam. Sementara sebaliknya atau Bukittinggi-Padang, melewati jalur utama Padang Panjang dan Kayu Tanam hingga Sicincin".

"Yang mana sebelumnya one way Padang-Bukittinggi melalui jalur utama, sedangkan Bukittinggi-Padang melalui Malalak terjadi sumbatan di Simpang Sicincin dan Padang Luar,".

"Dengan analisa dan evaluasi, kita ubah polanya yang saat ini nantinya diterapkan Padang-Bukittinggi mengunakan Jalur Malalak. Kemudian Bukittinggi-Padang melalui jalur utama, Padang Panjang. Karena apa? yang kita laksanakan kecil kemungkinan terjadinya crossing jalan di persimpangan," ungkap Dwi.

Lebih lanjut Dirlantas Polda Sumbar menyebutkan berbagai tahapan one way sistem tersebut akan terus dievaluasi. Untuk sementara, penerapan akan dimulai pada 7-15 April 2024.

"Mulai pukul 12:00 s/d 17:00 WIB. Dimana satu jam sebelumnya, akan kami lakukan pembersihan jalur yang dilalui.

beberapa titik kawasan longsor telah diupayakan untuk pembersihan.

"Beberapa titik tanah longsor. Alhamdulillah, PKJR sudah melaksanakan kegiatan maupun BPJN memperbaiki sementara di jalur Malalak. Di beberapa titik".

"Diharapkan pengendara dapat patuhi imbauan dan arus lalu lintas," tambahnya(*)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo