Header Ads

Mendagri Sebut RSUD Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Publik


JAKARTA.Ppost- Pemerintah meminta agar Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (ARSADA) memberikan perhatian lebih terhadap kebutuhan kesehatan masyarakat. Caranya adalah meningkatkan pelayanan publik di sektor tersebut.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, kunci untuk mewujudkan hal ini adalah pertumbuhan ekonomi yang baik. Stabilitas ekonomi di tingkat paling bawah juga menurut dia memiliki peranan sangat penting.

“Pak Presiden ingin agar akhir tahun ini infrastruktur sosial dan kesehatan bisa selesai dengan baik,” kata Tjahjo dalam pidatonya di Rakernas ARSADA ke-10 di Hotel Mercure Kemayoran Jakarta Rabu (23/8).

Menurut Tjahjo, sekarang ini, semakin banyak pihak swasta yang membangun fasilitas rumah sakit. Koordinasi dengan mereka juga harus terjalin baik sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi.

“Banyak pihak swasta yang ingin membangun rumah sakit, jadi ini baik untuk memberikan layanan dan fasilitas kepada masyarakat dan pastinya tidak akan rugi jika membangun ini,” tambah Tjahjo.

Begitu juga, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bersama jajaran Kementerian Kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Makanya, antar-instansi pemerintah terus melakukan koordinasi menangani masalah kesehatan.

Tjahjo menambahkan kalau pelayanan kesehatan juga menjadi bagian tugas Kemendagri karena pelaksanaan urusan pemerintahan dalam penyelenggaran otonomi daerah. Sebab, kepala daerah bertanggung jawab terhadap persoalan ini.

“Kepala daerah bisa dikatakan berhasil jika mampu memberikan kesehatan gratis dan pendidikan gratis kepada masyarakat. Jadi pelayanan kesehatan ini harus terus ditingkatkan," tutup Tjahjo.


#AW-003/Puspen Kemendagri

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo