Header Ads

Dongkrak wisata,akses jalan nipah-air manis dikebut


Ppost,Padang,_Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sumbar, dengan anggaran Rp13 miliar lebih yang dialokasikan untuk pengerjaan jalan alternatif tersebut.Sumber anggaran berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan besaran Rp13 miliar.


Adratus Setiawan St kasi jalan dan jembatan PUPR Prov Sumbar mengatakan" untuk panjang pengerjaan tahun 2017 dilakukan sepanjang 2,7km dengan peng aspalan 2 lapis, panjang total yang harus di selesaikan nantinya sepanjang 5,6km, jadi sisa lebih kurang 2,8 Km.pada tahun 2018 ini rencana dikerjakan lebih kurang 1,1 Km dengan dana sekitar Rp 7m dan sisanya diusulkan pada tahun 2019.

Seperti diketahui, pengerjaan jalan Nipah – Teluk Bayur dengan total yang harus diselesaikan sepanjang  5,6 Km kilometer yang dimulai semenjak 1990 silam diren­canakan sebagai kawasan wisata yang juga sebagai jalur alternatif untuk pe­mecah macet di kawasan Teluk Bayur.

Jalan ini memiliki arti pen­ting dan menjadi pro­yek strategis Pemprov Sum­bar. Kebe­radaan­nya dapat menjadi jalan pem­buka pengembangan wilayah Ko­ta Padang.

Tak hanya itu, ruas jalan ini juga menjadi salah satu jalur pariwisata di samping penunjang kegiatan eko­nomi masyarakat.

Pembangunan jalan Ni­pah - Teluk Bayur ini diha­rap juga menjadi pendu­kung bagi rencana Pemko Padang untuk menjadikan Gunung Padang menjadi kawasan wisata terpadu yang dilengkapi dengan fa­silitas penginapan, lapangan golf dan aneka wisata bahari.


 Seperti diketahui,akses untuk ke pantai air manis hanya satu, lewat Koto Kaciak, yang jalannya cukup sempit. Biasanya wisatawan melewati jalur tersebut kalau ke air manis,  dengan adanya jalan lingkar Nipah-Teluk Bayur  tentunya wisatawan lebih nyaman dan aman untuk mobil seukuran bus.

Menurut  zainal st sati, salah seorang penduduk tempatan, objek wisata Pantai Air Manis masih menjadi ikon Sumbar dengan batu malin kundangnya,dengan adanya jalan ini otomatis akses kesana lebih mudah.
Lebih lanjut zainal juga mengatakan " pada saat libur tahun baru kemarin wisatawan lokal maupun luar sangat banyak,dan kami berharap jalan nipah - air manis  ini,bisa mondongkrak perekonomian warga sekitar.



Terpisah, Fuji Astommi SSTP, Msi camat padang selatan mengatakan"
Alhamdulillaah pembangunan Jalan Baru dari Gn.Padang - Aie Manih telah memberikan dampak positif bagi Pariwisata Kota Padang, sebagaimana antusias Masyarakat yang telah kita lihat saat ini.

Bagi masyarakat setempat juga telah memberikan dampak ekonomi yang sangat luarbiasa, aktifitas pariwisata dan olahraga dikawasan tersebut sangat tinggi.

Terkait permasalahan yang krusial dalam pembebasan lahan dapat dikatakan sangat minim, karena dapat diselesaikan dengan pendekatan yang intens kepada masyarakat, dan masyarakat sangat memahami maksud Pemerintah Kota Padang dan memberikan dukungan yang baik.
InsyaAllaah dgn adanya pembangunan ini dapat meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Kemajuan Kota Padang Tercinta".ungkapnya mengakhiri..


Aw/003

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo