Header Ads

LANTAMAL II PERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA




Ppost,Padang,,- Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., Pimpin langsung upacara peringatan Hari Dharma Samudera di Mako Lantamal II jln Bukit Peti-peti Teluk Bayur, Senin (15/01).



Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap 15 Januari, merupakan upacara untuk memperingati peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 15 Januari 1962, dimana pada saat itu telah terjadi pertempuran laut yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut.
Yakni Kapal Perang RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang kerajaan Belanda yang lebih modern dan canggih. Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat sebagai Deputi Kasal, on board di atas RI Macan Tutul sebagai Senior Officer Present Afloat (Sopa). Bersama awak kapal perang RI Macan Tutul guna melakukan misi operasi Dwikora pembebasan Irian Barat. Namun pada peristiwa tersebut, beliau akhirnya gugur sebagai kusuma bangsa.


Dalam hal ini Komandan Lantamal II membacakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P., para pahlawan laut Aru telah memberikan keteladanan sejati yakni sikap kesatria dan rela berkorban. Mereka telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak gentar menghadapi musuh dalam upaya mempertahankan wilayah kedaulatan Republik Indonesia. Sikap rela berkorban tersebut merupakan cerminan dari kedisiplinan,hierarki dan kehormatan militer yang selalu terjaga meskipun dalam kondisi kritis sekalipun. Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa dan prajurit matra laut pengawal samudera, sikap ksatria dan suri teladan pendahulu harus diwarisi dengan sepenuh hati.


Peringatan Hari Dharma Samudera ini merupakan momentum untuk membangkitkan kembali tekad dan semangat prajurit matra laut agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan.


Kepala Staf Angkatan Laut menekankan kepada seluruh prajurit matra laut untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladan yang telah diwariskan oleh pendahulu, sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari prajurit matra laut dalam pengabdian kepada bangsa dan Negara, serta demi terwujudnya TNI Angkatan laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia.


Peserta upacara terdiri dari ton Pama, Ton Pomal,Ton Bintara,Ton Tamtama, Ton Yonmarhanlan II,dan Ton ASN, para Asisten Komandan Lantamal II dan kasatker juga turut serta dalam upacara.
                 .
Andi woo/Dispen Lantamal II

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo