Header Ads

Kakanwil Lantik Notaris dan Anggota MPDN Kabupaten Rokan Hilir



Pekanbaru, Ppost.com,– Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Dewa Putu Gede mengambil sumpah dan melantik tiga orang notaris dan satu orang anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) di Aula Kantor Wilayah, Rabu (31/1). Tiga orang notaris yang diambil sumpahnya dan dilantik adalah notaris di Kabutapen Indragiri Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Bengkalis. Sedangkan satu orang anggota MPDN adalah dari MPDN Kabupaten Rokan Hilir  yang pada pelantikan beberapa waktu lalu berhalangan sehingga menyusul dilantik hari ini atas nama Junaedi, SH yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Bagansiapiapi.

Saat memberikan sambutan, Kakanwil meminta agar ketika membuat akta notaris membacakan isi akta di depan para pihak sebelum ditanda tangani. Hal ini menurut Kakanwil untuk menghindari persoalan di kemudian hari akibat para pihak yang tidak mengetahui secara jelas isi akta. “Saya minta bacakan isi akta, jangan tanda tangan saja masyarakat itu. Para pihak harus tahu makna, inti, isi akta secara jelas” ujar Kakanwil. Kakanwil juga mengingatkan notaris agar isi akta memperhatikan kepentingan seluruh para pihak dalam akta dalam arti tidak lebih menguntungkan satu pihak sementara pihal lain berada pada posisi kurang diuntungkan. Kakanwil juga meminta notaris untuk tidak berorientasi materi semata dalam menjalankan tugasnya tetapi tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa melihat latar belakang kemampuan ekonomi.

Terkait pengawasan notaris di daerah. Kakanwil meminta agar MPDN cepat merespon setiap persoalan notaris yang ada dan Kakanwil juga berharap persoalan tersebut dapat diselesaikan di daerah masing-masing dan tidak sampai berlarut-larut sehingga pelayanan hukum kepada masyarakat tidak terganggu.

Selain dihadiri oleh para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, pengambilan sumpah dan pelantikan ini juga dihadiri oleh undangan dari Polda Riau, Polres Pekanbaru dan Ikatan Notaris Indonesia Provinsi Riau serta kerabat notaris yang dilantik.

Mengakhiri sambutannya, Kakanwil meminta agar dalam menjalankan tugas jabatannya notaris menaati undang-undang jabatan notaris serta kode etik notaris.


Sumber:
(Humas Kanwil Kemenkumham Riau)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo