Header Ads

Sosialisasi UU No. 7 Tahun 2017 "Mari Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilu Serentak 2019"


Panjipost.com
Padang panjang,- Dengan bertemakan " Mari Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilu Serentak", Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPBD Kesbangpol) Kota Padang Panjang adakan Sosialisasi Undang-Undang No.7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum di Hall Lantai III Balikota, Selasa (11/12).


Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul dihadiri oleh Kepala BPBD, Kesbangpol Erizal , Ketua KPU Kota Padang Panjang Okta Novisyah, Ketua Bawaslu, Ketua LPM, Karang Taruna, RT, dan PKK dan perwakilan dari kelurahan se-Kota Padang Panjang.

Asrul dalam sambutannya mangatakan, Pemilihan Umum merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis. Pemerintahan yang dihasilkan dari Pemilu diharapkan menjadi pemerintahan yang mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah. Oleh karena itu, diperlukan upaya dari seluruh komponen bangsa untuk menjaga kualitas Pemilu tersebut.

"Dengan demikian, partisipasi dari masyarakat sangat dibutuhkan karena partisipasi bukan saja mengenai hak pemilih tetapi juga mengenai kepedulian masyarakat terhadap demokratisasi menuju kesejahteraan dan kemajuan bangsa," jelas Asrul.

Hak politik warga negara dalam pemilu bukan saja memberikan hak suara melainkan juga dalam pengawasan Pemilu. Dalam hal ini, yang harus dibangun adalah kesadaran masyarakat akan hak-hak politiknya.

Sosialisasi ini memiliki nilai yang sangat strategis dan mengingat sudah dekatnya Pemilu serentak 2019. Seperti diamanatkan dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, harus dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.  Hal ini akan dapat tercapai, apabila seluruh komponen bangsa saling bahu-membahu mendukung pelaksanaan Pemilu dengan didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan penghormatan hak-hak politik setiap warga negara.


Sinergritas Pemilu sangat diharapkan untuk memberikan sosialisasi yang tepat kepada masyarakat akan arti pentingnya Pemilu.

"Kami berharap sosialisasi ini dapat mewujudkan kesamaan persepsi serta sinergritas yang kuat dan berkesinambungan," tambahnya.

Sementara itu Erizal mengatakan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk menambah pemahaman masyarakat mengenai pelaksanaan Undang - Undang No. 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

"Dengan pelaksanaan sosialisasi ini diharapkan masyarakat paham akan pelaksanaan UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan ikut berpartisipasi dalam Pemilu serentak yang akan dilaksanakan di tahun 2019," jelas Erizal.

Lala #

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo