Header Ads

DISKUSI TEMATIK TAHAP 1 PROGRAM TAMPA KUMUH (KOTAKU) BKM KOTA PADANG PANJANG MENEMPATI URUTAN 13 TERBAIK DARI 10.936 BKM SE INDONESIA


Panjipost.com
Padang panjang, - BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Kota Padang Panjang mendapat urutan 13 terbaik dari seluruh BKM di Indonesia yang berjumlah 10.936 sampai Desember Tahun 2018.  

Urutan pertama adalah BKM Kota Palu, Kedua Kota Medan dan disusul Kab. Banyumas.  Hal ini disampaikan langsung Tenaga Ahli (TA) CD OC-02 SUMBAR dalam acara Diskukusi Tematik Program Kotaku Tahap 1 di Hotel Hasiba Kota Padang Panjang, Senin 25 Februari 2019.

Diskusi ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Padang Panjang Bpk. Sony Budaya Putra dan dihadiri oleh TA OC-2 Provinsi SUMBAR, Pokja-PKP, KORKOT VI, Forum BKM Kota Padang Panjang.  Tujuan diskusi Tematik Tahap 1 ini bertujuan untuk mematangkan usulan kegiatan Skala Kawasan 2019-NSUP  Kota Padang Panjang.

Adapun kegiatan skala kawasan ini adalah Peningkatan Kualitas Pemukiman Kumuh Kawasan Tepi Air yang berada tidak jauh dari kawasan strategis yaitu berada didekat kawasan Pasar Pusat, Kawasan Pendidikan ISI, Kawasan Pasar Sayur, dan Terminal.   Sedangkan kelurahan yang langsung terkait adalah Kel. Bukit Surungan, Pasar Usang, Tanah Hitam, Guguk Malintang, Pasar Baru dan Balai-balai dengan luas kumuh lebih kurang 46.96 Ha.

Dalam Diskusi ini Pokja-PKP sebagai stake holder menyampaikan kesiapan pelaksanaan kegiatan dari mulai Pemetaan, Survey, Pembebasan Lahan, sampai Penyusunan DED dan dokumen yang dibutuhkan oleh Satker Pusat mengingat dana yang akan digunakan bersumber dari APBN yang jumlahnya lebih kurang 14 Milyar (setara 1 Juta dollar US).

Kepala Bappeda manyampaikan kepada seluruh stakeholder terkait untuk lebih serius dan mendalam dalam menyiapkan segala ADM yang dibutuhkan oleh Pemerintah Pusat, karena dengan dibantunya pembangunan kota Padang Panjang dari dana APBN sangat meringan beban APBD Kota Padang Panjang. 

Hal selaras disampakan oleh Satker Kotaku  Padang Panjang Bpk Ramon Nefdi bahwa “BKM selaku unjung Tombak kegiatan Kotaku yang sudah mempunyai integritas dan menempati urutan 13 terbaik di Seluruh Indonesia untuk tetap bersemangat dan mempertahankan  kinerjanya, meskipun BKM tidak seperti lembaga lain dikelurahan yang mendapat insentif setiap bulannya”.
 
Ketua Forum BKM Kota padang Panjang Iskandar menyampaikan  kepada Pemerintah Kota Padang Panjang tentang Pendampingan BKM kedepannya,  apabila nanti pendampingan dari konsultan sudah selesai maka pemerintah Kota Padang Panjang tentunya yang akan melanjutkan Proses Pendampingan. Apakah BKM tetap berdiri sendiri atau dilebur kepada lembaga lainnya.

Selain itu Ketua Forum BKM mengingatkan kepada Pemerintah untuk memberikan perhatian yang lebih kepada BKM yang sudah berdiri semenjak tahun 2006, yang dimulai dari ordenya P2KP, PNPM dan sekarang KOTAKU.  BKM sudah terbukti memberikan kontribusi yang besar kepada Pemerintah Kota Padang Panjang khususnya dalam bidang infrastruktur, sosial dan ekonomi,

hal ini tidak perlu diragukan lagi.  Dan inipun kita buktikan dengan mendapat urutan terbaik ke 13 dari 10.936 BKM yang bersaing di seluruh Indonesia. Sayangnya akir-akhir ini BKM kurang mendapat hati di pemerintah.  Mudah mudahan Pemerintahan sekarang ini  lebih perhatian kepada BKM-BKM di Kota Padang Panjang karena banyak prestasi yang tidak terblow-up oleh Media. 

Insyallah, Diskusi Tematik Tahap 2 akan dilanjutkan hari Jumat 01 Maret 2019 bertempat di Aula Bappeda Kota Padang Panjang,
 
Iskandar #

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo