Header Ads

Pererat Hubungan, Padang Panjang Kerjasama Dengan Negeri Sembilan

Panjipost.com
Malaysia, - Kunjungan kerja Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano bersama Kerapatan Adat Nagari (KAN), Pj. Sekda Martoni, S.Sos, M.Si, Kepala Bappeda Sonny Budaya Putra, AP,M.Si, Kepala Disdikpora Dr. Desmon,M.Pd, Pimpinan Cabang Bank Nagari Padang Panjang Zulhendri dan rombongan lainnya ke Negeri Sembilan Malaysia mendapat sambutan hangat dari Pemerintahan disana. Rombongan dari Panjang Panjang disambut dan diterima langsung oleh Yang Dipertuan Majelis Perbandaran Seremban (MPS) YAB DATO ZAZALI BIN SALEHUDDIN, Menteri Besar Negeri Sembilan YAB H.AMINUDDIN BIN HARUN serta Presiden Majlis Belia Malaysia (MBM) sejenis KNPI  nya di Indonesia Jufitri Bin Joha.

Dari pembicaraan kedua belah pihak telah digagas kerjasama dalam berbagai bidang diantaranya Bidang Adat dan Kebudayaan, Kepemudaan, Pendidikan dan Pariwisata.

Fadly menyampaikan kerjasama ini dibuat agar Padang Panjang dan Negeri Sembilan semakin dekat dan maju diberbagai bidang.

"Budaya dan adat yang ada disini tidak jauh berbeda dengan Padang Panjang karena adat dan budaya disini sangat kental, banyak tradisi-tradisi yang ditampilkan dan masih ada sampai saat ini, seperti saat kami datang disambut dengan tari-tarian minang, randai bahkan bahasanyapun masih bahasa minang", ujar Fadly sambil bercerita.

Hal lain yang juga sangat bermanfaat yang dapat ditiru adalah mengenai pelestarian nilai-nilai budaya dan tradisi yang masih berkembang cukup baik di Negeri Sembilan ini ditandai dengan adanya museum kebudayaan.

"Ini sangat memberikan motivasi dan masukan bagi Pemerintah Kota Padang Panjang, terlebih lagi Padang Panjang saat ini sedang melakukan penelitian tentang peningkatan kehidupan banagari yang nantinya direncanakan akan diwujudkan melalui sebuah kebijakan berupa Peraturan Daerah (Perda)," kata Fadly menjelaskan dengan semangat.

Saat itu juga Fadly dan KAN serta rombongan melakukan foto bersama dengan Majelis Bandaraya Seremban Negeri Sembilan.

Pemerintah Negeri Sembilan Seremban dan Majelis Muda Belia juga berniat untuk melakukan kunjungan balasan ke Kota Padang Panjang.

"Berada disini serasa berada ditanah minang seperti di kampung kita sendiri," ujar Fadly.

Tidak hanya itu, Fadly juga mengadakan penandatanganan kesepakatan dengan tiga KAN yang ada di Padang Panjang.


Seluruh KAN yang ada di Kota Padang Panjang mendukung visi misi Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang mulai dari pemanfaatan aset nagari termasuk segera membuat Perda Nagari.

Kesepakatan tersebut dilaksanakan langsung di Masjid Putra Jaya Malaysia yang merupakan masjid pusat pemerintahan dan kerajaan Malaysia dan tentu saja hal ini menjadi suatu sejarah bagi Padang Panjang.

"Alhamdulillah saya telah melakukan kesepakatan dengan tiga KAN yang ada di Padang Panjang dimana kesepakatan ini semata-mata hanyalah untuk mewujudkan dan membangun Kota Padang Panjang yang bermarwah dan bermartabat," jelas Fadly.

Inilah adalah awalan yang sama-sama diharapkan dan Insya Allah akan dipersembahkan seutuhnya untuk masyarakat, tegas Fadly.

@Lala 

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo