Header Ads

MAKAN BAJAMBA BENTUK KEBERSAMAAN KOMANDAN DENGAN PRAJURIT


PADANG - Jumat (26 / 04 / 19) Dimana bumi di pijak di sana langit di junjung. Sebuah pribahasa yang sering kita dengar. Begitulah Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama Agus Sulaeman.M.Sc., menerapkan di Mako ( Markas Komando) Pangkalan Utama TNI AL II Padang. Danlantamal walaupun dari tanah Pasundan, atau lebih di kenal dengan Jawa Barat, tetapi sudah memahami sedikit banyak tentang adat istiadat ranah minang.

Makan Bajamba, atau makan barapak dalam bahasa minang ( makan bersama) sebuah tradisi di ranang minang yang masih ada sampai sekarang. Biasa makan bajamba di lakukan pada saat ada acara adat atau alek nagari. Para tokoh masyarakat dan toko adat duduk bersama melakukan makan bersama dengan tamu undangan atau masyarakat. Dalam makan bajamba ada filosofi yang sangat dalam maknanya jika di pelajari. Salah satu bentuk kebersamaan yang  sangat kuat diantara tokoh masyarakat dan tokoh adat serta para tamu yang datang, melakukan makan bajamba.

Dalam menyambut datangnya bulan sucii Ramadhan 1440H/2019M tinggal beberapa hari lagi. Komandan Lantamal II Padang, menggelar makan bajamba. Kegiatan dengan Tema" Doa Bersama dan Makan Bajamba Keluarga Besar Lantamal II Padang" 

Kegiatan yang dimulai pukul 08.10s/d 09.30 Wib dihadiri, Wakil Komandan Lantamal II Padang, Kolonel Marinir Wurjanto.M.Han., Asisten, Dansatrol, Kasatker, Ketua Korcab II DJA1 dan anggota Jalasenastri KORCAB II DAT1 serta seluruh personil Lantamal II, Batyon Pertahanan Pangkalan, Satuan Kapal Patroli Lantamal II yang berada di pangkalan.

Makan bajamba pagi tadi di awali dengan sambutan dari Danlantamal, berupa ucapan terimkasih kepada seluruh anggota Lantamal yang telah melaksanakan tugas dengan baik, dan menyambut bulan suci ramadhan ini, mari kita saling memaafkan.

Mengawali makan bajamba dilanjutkan pembacaan doa oleh Letkol laut (KH) Zulkarni. S.Ag. dengan penuh dengan rasa kidmat, yang sehari hari menjabat sebagai Kepala Dinas dan Administrasi Personalia Danlantamal II Padang.

Selesai makan bajamba di lanjutkan dengan hiburan bagi prajurit Lantamal II Padang berupa panggung prajurit.

@Dispen Lantamal II Padang.

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo