Header Ads

Tiga Ruas Jalan Provinsi Kecamatan Palembayan, Selesai Dikerjakan


AGAM,Panjipost.com,-  Palembayan - Pengerjaan perbaikan jalan Provinsi Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam (Sumbar) saat ini sudah rampung dan selesai dikerjakan pada tahun 2019 ini dengan kuncuran dari APBD dan APBN pusat.

Dari tiga ruas jalan tersebut yang dapat kuncuran APBN, Matur - Palembayan degan dana Rp 22 Miliar, kurang lebih. Palembayan - Palupuh dengan Dana Rp 23 Miliar, kurang lebih. Padang Koto Gadang - Palembayan dengan Nilai Kontrak Rp 24 Miliar, kurang lebih dengan total panjang jalan keseluruhan dapat terialisasikan perbaikan kurang lebih 40 Km dengan kuncuran APBN dan APBD.

Perbaikan Infrastruktur jalan Provinsi Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam tuntas dibangun PT Multikon Jagad Perkasa (Matur - Palembayan) PT. Lubuk Minturun Konstruksi Persada (Palembayan - Palupuh) PT. Anugrah Tripa Jaya sebagai kontraktor pelaksana hingga akhir 2019 lalu. 

PT. Multikon Jagad Perkasa, General Superintendent Deni Fitriady didampingi Site manager Abdul Halim menjelaskan bahwa, wilayah kerja pembangunan jalan tersebut mencapai dengan panjang kurang lebih 8 Km pada Nagari Baringin, Nagari Sipinang, dan Nagari Sungai Pua Kecamatan Palembayan,"terang Abdul.


Lanjut, akses jalan Provinsi Kecamatan Palembayan,  Palembayan - Padang Koto Gadang oleh PT. Anugrah Tripa Jaya, Aris Setiawan selaku Meneger Kontraktor pelaksana kegiatan perbaikan dan pelebaran jalan ini di Nagari Tigo Koto Silungkang dapat di selesaikan dengan baik dan saat ini sudah bisa dilewati, diharapkan pada warga yang melewati perlu ke hati-hatian dalam mengendara dikarnakan jalan sudah bagus dan mulus untuk di lewati, "ucap Aris. 

Untuk kegiatan pengerjaan ruas jalan provinsi yang menghubungkan antara Simpang Patai Kecamatan Palupuh dengan Kecamatan Palembayan oleh kontraktor pelaksana PT Lubuk Minturun Kontruksi Persada, Israyendi, Site Manager, Pengerjaan jalan sepanjang kurang lebih 8 km ini menghabiskan anggaran dana sebesar Rp 23 Miliar lebih yang pengerjaannya memakan waktu 180 hari kalender, dengan No Kontrak 20/PKK/SK-PJN 1.Bb.03.23.1.3/VI/2019," jelas Isra. 


"Para Kontraktor Pelaksana Jalan Provinsi Kecamatan Palembayan tersebut, pada saat pengerjaan memang dilanda musim hujan yang setiap hari intensitas curah hujan cukup tinggi dan medannya cukup berat karena berada di kaki bukit dan jurang yang cukup ekstrim, tapi semua proses pekerjaan berjalan lancar dengan hasil yang maksimal".

Hal itu dibenarkan Pengawas Lapangan yang ditemui awak media, belum lama ini. Disebutkan, pada akhir tahun lalu, pekerjaan selesai di PHO oleh Tim dari Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional II Kementerian Pekerjaan Umum dan jajaran Pupr Provinsi Sumbar. 

Berkat keseriusan dan kerja keras dari para Kontraktor Pelaksana yang dikomandoi dalam pengawasan dari Konsultan pengawasan, akhirnya pengerjaan jalan provinsi tersebut selesai tepat waktu.

Proyek peningkatan jalan Provinsi Kecamatan Palembayan ini bersumber dari dana APBN 2019 dibangun sebaik mungkin supaya tingkat kerusakan dapat diminimalisir sejak dini.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun cor beton pada setiap pinggir badan jalan, sehingga dampak negatif yang diakibatkan air yang menggenangi jalan dapat diatasi.

Meski demikian pihak perusahaan akan bertanggung jawab atas infrastruktur yang dibangun hingga satu tahun ke depan sebagai program pemeliharaan.

Secara umum, dukungan masyarakat atas pembangunan yang dilakukan sangat tinggi dan setiap kebutuhan masyarakat sekitar proyek dapat dipenuhi sesuai kemampuan perusahaan.

Para kontraktor pelaksana berharap kepada warga juga bisa bekerjasama untuk menjaga fasilitas jalan umum ini Khususnya jalan Provinsi Kecamatan Palembayan yang sudah di perbaiki dengan kuncuran dana pusat APBN ini. Agar jalan kita ini bisa bertahan lama dan bermamfaat untuk orang banyak yang melewati. 

“Meski secara fisik jajaran perusahaan tidak lagi berada di lokasi proyek, setidaknya kerusakan yang terjadi tetap dipantau dan dilakukan perbaikan sesuai kerusakan yang terjadi,”katanya.

Semoga dimasa pemiliharaan dan pengawasan ini dapat saling memberikan informasi kepada pihak terkait nantiknya dan saling menjaga pasilitas Infrastruktur untuk kepentinggan orang banyak ini. 

*Hakim

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo