Header Ads

Masyarakat Mengapresiasi Pembangunanan Cekdam di Kec.pauh


Padang,Panjipost.com,- Pemerintah Kota Padang  melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah merampungkan pembangunan dam pengendali (cekdam)  di Kec. Pauh  , untuk mengatasi arus banjir yang kerab terjadi saat musim penghujan tiba.

keberadaan cekdam di Kec.Pauh ini diharapkan akan menjadi salah satu pengendali banjir bagi kota Padang dan diwilayah seputaran aliran sungai dan bisa menampung air sungai serta mengatur volume air agar tidak meluber ke pemukiman warga disaat musim hujan.

Selain mencegah terjadinya banjir dan abrasi pada daerah aliran sungai, pelaksanaan program pembangunan Pemerintah Pusat ini bertujuan agar lahan pertanian dan masyarakat yang berdomisili di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) terhidar dari dampak luapan sungai saat tingginya intensitas curah hujan.



Awaludin Rao (owner CV Serasi Bersama) pihak rekanan yang mengerjakan pembangunanan Cekdam di Kec.pauh, mengatakan," karna proyek pengendalian banjir ini merupakan hajat orang banyak ,maka kita akan berusaha semaksimal mungkin bisa menyelesaikannya sesuai kontrak dan tentunya pengerjaannya tetap memperhatikan mutu dan kualitas.

"Terimakasih juga kepada masyarakat yang telah mendukung sehingga pelaksanaan pekerjaan konstruksi bangunan cekdam bisa terselesaikan dengan baik.

Lebih lanjut Rao mengatakan," pembangunan cekdam batang kuranji ini menggunakan elevasi mercu sehingga permukaan air dibuat rata dengan ujung abboutman jembatan.

Itulah sebabnya, setiap kali banjir, tidak ada struktur yang sumbing apalagi rusak.

Terkait dengan adanya bronjong yang rusak beberapa waktu lalu, Rao menegaskan bahwa Itu tidak termasuk dalam kontrak paket pekerjaan yang dikerjakan CV. Serasi Bersama, Karena Itu merupakan bronjong lama. Sementara CV. Serasi Bersama mengerjakan bronjong yang ada trap atas dan dicor dengan beton (pakai mantel), jelasnya.

Bahkan, ada pada bagian atas bronjong lama itu kita pasang secara cuma cuma agar badan jalan bisa bertahan karena itu akses kepemukiman penduduk dan hajat orang banyak.

CV. Serasi Bersama hanya membantu masyarakat termasuk tanah timbunan jalannya, jelas Rao,

Dan hal ini perlu kita sampaikan agar tidak adanya informasi yang simpang siur ke tengah publik, harapnya.

Rao juga mengatakan bahwa sebelum PHO semua persyaratan telah dipenuhi. Pembayaran pekerjaan sesuai final qunatity yang memenuhi persyaratan.

Untuk beton kita telah melakukan uji di lab.PUPR Sumbar. Sedangkan untuk pembesian kita telah lakukan sesuai gambar.

Terbukti, pekerjaan kita aman walaupun sudah beberapa kali dihantam banjir besar, jelas Rao.

Rao juga menambahkan , "CV Serasi Bersama" juga mengikut sertakan masyarakat sekitar dalam kegiatan pembangunan  Cekdam tersebut dengan harapan bisa membantu keterpurukan ekonomi dimasa pandemi Covid-19 saat ini, langkah yang diterapkan tersebut juga dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi masyarakat, dan langkah ini dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Terpisah ,bambang masyarakat tempatan, mengaku merasa sangat bersyukur dan sangat mengapresiasi  dengan adanya pembangunan Cekdam tersebut.

"Saya sangat bersyukur adanya kegiatan pembangunan Cekdam ini dikampung kami' ucap Bambang.

Menurut  Bambang," selain kampung kami bisa bebas dari momok banjir yang kerap menghantui ketika musim hujan, kami  juga merasa sangat bersyukur pihak perusahaan mau menerima kami bekerja.

"Proyek pembangunan Cekdam ini, benar-benar telah mendatangkan berkah bagi kami masyarakat sekitar" ucapnya.(LN)


Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo