Header Ads

Kepala BWSS V Padang Tinjau langsung Pengerjaan DI Batang Tongar.

Kepala BWS S V Padang meninjau langsung pengerjaan Rehabilitasi DI Batang Tongar
Foto:Documentasi BWSS V Padang 

Sumbar,Panjipost.com - Dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan ketersediaan air secara nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan 500.000 hektar irigasi dan merehabilitasi 2,5 juta hektar jaringan irigasi mulai tahun 2020 hingga 2024 mendatang di seluruh Indonesia. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR telah membangun banyak bendungan di berbagai daerah dan selanjutnya akan diikuti dengan pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi untuk menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian. Diharapkan dengan meningkatnya produktivitas pertanian, juga dapat membantu pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

Pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi salah satunya dilaksanakan pada DI Batang Tongar,Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)

Secara adminitrasi D.I Batang Tongar masuk dalam Kecamatan Pasaman. Daerah irigasi Batang Tongar terletak di Desa Pinagar, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, yang berjarak 180 km kearah Barat Laut Kota Padang. Luas wilayah Kecamatan Pasaman Barat adalah 508,93 km2, dengan jumlah penduduk 69.149 jiwa.

Daerah irigasi Batang Tongar (6.644 Ha) merupakan salah satu daerah irigasi penyangga kebutuhan pangan provinsi Sumatera Barat yang pembangunannya dimulai tahun 1991 dan dilaksanakan secara bertahap.

Manfaat dan target pekerjaan Rehabilitasi DI Batang Tongar ini adalah untuk mencapai luas fungsional sesuai dengan yang direncanakan, Memperbaiki saluran irigasi yang telah rusak, Mengembalikan fungsi lahan serta salah satu Program penunjang ketahanan pangan nasional.

Sementara untuk lingkup Pekerjaan Rehabilitasi DI Batang Tongar TA 2020- 2021 di Kab. Pasaman Barat antara lain:

▪ Rehabilitasi Bendung

▪ Pekerjaan galian sedimen pada saluran

▪ Pekerjaan rehabilitasi saluran sepanjang ± 4,3 km

Seperti diketahui pekerjaan rehabilitasi yang digawangi oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang ini menghabiskan dana yang tidak sedikit yaitu dengan sumber dana Loan IPDMIP senilai Rp. 28.992.462.000,00”.

Reinul Pernaungan KASATKER PJSA IAKR BWSS V Padang mengatakan," Untuk kegiatan Rehabilitasi DI Batang tongar pekerjaan ini diharapkan berjalan sesuai dengan harapan karna ini menyangkut hajat orang banyak.

"Baru baru ini KABALAI BWSS V Padang meninjau langsung kegiatan pelaksanaan Rehabilitasi DI Batang Tongar untuk memastikan pekerjaan tersebut sesuai pelaksanaannya dengan dokumen kontrak. (Aw)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo