Header Ads

Menyoal Proyek Peningkatan kualitas Permukiman kumuh di kota Pariaman kawasan tengah



Pariaman,Panjipost.com, -  Dalam rangka mengangkat potensi sumberdaya  alam setempat, Kementerian PUPR terus meningkatkan kualitas permukiman kumuh.

Sesuai dengan Permen PUPR No. 14 tahun 2018 Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh, yang terdiri dari 7 aspek dan 16 kriteria permukiman kumuh adalah melingkupi pada aspek kondisi bangunan gedung, kondisi jalan lingkungan, kondisi penyediaan air minum, kondisi drainase lingkungan, kondisi pengelolaan air limbah, kondisi pengelolaan persampahan, kondisi pengamanan proteksi kebakaran dan ketersediaan ruang terbuka publik.

Perlahan tapi pasti, kualitas permukiman kumuh di kota Pariaman kawasan tengah terus berubah meninggalkan status kawasan permukiman kumuh perkotaan, kawasan tengah dan sekitarnya kini menjadi Kawasan Wisata dan diharapkan dapat menunjang perekonomian masyarakat setempat. 

Proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Cipta Karya yang digawangi oleh Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sumbar dengan pelaksana PT. Trisco Jaya Utama terus dikebut pengerjaanya.

Diketahui, kegiatan pembangunan dan pengembangan kawasan permukiman perkotaan di Kota Pariaman tersebut bernomor kontrak HK 02.03/01-NUSP/PKP/PPP-SB/IX-2020, dengan sumber melalui ISDB (Islamic Development Bank), senilai Rp 7.764.352.730 TA (Tahun Anggaran) 2020-2021, telah terlambat pengerjaannya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, aktifitas pekerjaan di lokasi proyek masih terlihat.

PT. Trisco Jaya Utama melalui Handoko mengatakan mengatakan alasan terlambatnya  pekerjaan tersebut selain masalah pembebasan lahan dan permasalahan sosial juga adanya penambahan ruang lingkup kegiatan yang memerlukan izin dari pusat, namun permasalahan tersebut telah selesai ulas Handoko.

"Ya, Kita optimis pekerjaan ini akan selesai,kita akan terus kebut pengerjaannya",ungkap Handoko.

Terpisah, Hakim warga setempat kawasan tengah kota pariaman  mengatakan, "Kita sangat senang dengab adanya program pemerintah untuk mempercantik daerah.

Lebih lanjut Hakim yang dikelilingi rekan-rekan sesama perkerja dalam proyek tersebut memaparkan "kami merasa sangat beruntung, karena pihak perusahaan telah mau menerima kami berkerja".

"Proyek pembangunan ini benar-benar telah mendatangkan berkah bagi kami masyarakat sekitar" ucapnya.



Handoko , selaku pihak pengawas lapangan dari pelaksana merasa turut bahagia, karena kegiatan pembangunan yang tengah dilaksanakannya secara instan telah mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitar dimasa-masa sulit ini.

"Syukurlah, saya turut merasa bahagia, karena proses pelaksanaan kegiatan pembangunan ini dirasakan faedahnya oleh masyarakat sekitar dalam menjaga ketahanan perekonomian rumahtangga mereka"

"Semoga kegiatan pembangunan ini berjalan baik dan lancar serta dapat  tuntas pengerjaanya  " harap Handoko.(tim)

Nb;Hingga berita ini ditayangkan pihak media masih berupaya untuk mengkonfirmasi pihak terkait lainnya. 

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo