Header Ads

Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kinerja Petugas Pos Hidrologi Oleh Kepala BWSS V Padang




Padang,Panjipost.com, - Pelaksanaan pengelolaan hidrologi dan kualitas air merupakan salah satu tugas Pokok Balai Wilayah Sungai. 


PPK Penatagunaan SDA BWS S V Padang melaksanakan pelatihan peningkatan kinerja petugas pos hidrologi kepada seluruh petugas pos hidrologi yang tersebar di Sumatera Barat. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para petugas pos hidrologi dalam operasi dan pemeliharaan peralatan pos hujan , pos klimatologi, dan pos duga air sebagaimana alat-alat pada lingkup kerja masing-masing petugas.

Data hidrologi perlu dikelola dalam suatu sistem hidrologi agar tersedia sumber informasi Sumber Daya Air (SDA) yang akurat, benar, tepat waktu, dan berkesinambungan. Tentu saja tidak terlepas dari peranan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dibidangnya.

Sebanyak 38 orang Petugas Pos Hidrologi dan Staff dari Balai dan Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat terlibat dan mengikuti kegiatan yang sama pada 20-21 September 2021 di The Premiere ZHM Hotel Padang. Dibuka langsung oleh Kepala BWS S V Padang, Dian Kamila, ST, MT acara pelatihan berlangsung dengan protokol kesehatan ketat.

"Materi yang nanti disampaikan narasumber diharapkan dapat diserap dan diterapkan untuk meningkatkan kemampuan para petugas pos Hidrologi di wilayah kerja masing-masing" Kata Dian.

Heron Tarigan, SP,M.Si selaku Kepala Stasiun Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Pariaman menyampaikan dalam materi yang dibawakannya, bahwa Petugas Pos Hidrologi merupakan ujung tombak sumber informasi pengairan, maka informasi yang diberikan haruslah benar dan tidak mengada ada agar tersedia data yang akurat.
Bukan hanya materi semata, kegiatan pelatihan peningkatan Kinerja Petugas Pos Hidrologi juga diawali dengan Pre Test sebagai acuan untuk melihat kemampuan awal para petugas pos sebelum diberikan pelatihan. Brainstorming, Diskusi dan Pemaparan Pelaksanaan Kegiatan Petugas Pos Hidrologi, dan Post Test di akhir pertemuan juga diagendakan dalam rangkaian kegiatan pelatihan ini.(**)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo