Header Ads

Momentum Sumpah Pemuda, Fadly Amran Himbau Seluruh Stakeholder Nyatakan Perang Terhadap Narkoba



Padang Panjang,Panjipost.com, -"Bak pepatah Minang," Sakali mandayuang biduak dua tiga pulau talampau, sakali mambukak puro duo tigo utang tabaia.

Dua Kegiatan sekaligus dilakukan oleh pesantren Darul Hikmah Islamic Boarding School, dalam kegiatan Peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda,  juga Launching Sekolah Duta Anti Narkoba oleh GANN (Gerakan Anti Narkoba Nasional) Kota Padang Panjang baru-baru ini. bertempat di Aula SMP Darul Hikmah kelurahan kampung manggis Kecamatan Padang Panjang Barat.

Pada kesempatan itu Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano dalam kegiatan peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda Sekaligus Launching Sekolah Duta Anti Narkoba oleh GANN di Aula SMP Darul Hikmah saat itu mengatakan, untuk Generasi Muda Tanamkan Kebiasaan Membaca Sejak Usia Dini, dan Jauhi Narkoba, apapun bentuknya.

"Pada kesempatan itu Fadly berpesan agar generasi muda dapat mengasah kemampuan bahasa sejak usia dini. Setidaknya generasi muda pahami tiga bahasa yang didapat dengan kebiasaan membaca, Kalau sekarang anak muda tidak bisa menguasai berbagai bahasa, saya rasa sangat tertinggal, Karena anak-anak sekarang setidaknya harus mempunyai skill untuk memahami tiga bahasa yang diperoleh melalui kebiasaan membaca sejak dini. Sehingga kita sebagai generasi muda dapat berkontribusi terhadap pembangunan bangsa,” ungkap Fadly.

Wako Fadly berharap semoga cita-cita bangsa melalui sumpah pemuda betul-betul bisa diemban bersama. Anak-anak muda, generasi Z, generasi milenial, siapapun dari lintas sosial, lintas profesi, lintas agama, lintas apapun, pokoknya masyarakat Indonesia harus bisa berkontribusi untuk perkembangan bangsa. harapnya

Diwaktu yang sama wako Fadly juga menghimbau kepada siswa-siswi yang hadir,  jauhi narkoba, apapun bentuknya, siapapun yang memperkenalkannya, apapun yang berdekatan dengan itu jauhi, bahkan lingkungannya, kalau ada yang mencurigakan sampaikan kepada guru,  pengurus GANN, atau kepada kami, kita akan tindaklanjuti, kita juga sangat berharap kota Padangpanjang betul-betul terbebas dari penyalahgunaan Narkoba, Sebut Fadly

Di sampaikan juga oleh Fadly, Rutan (Rumah Tahanan Negara) kota Padang Panjang sekarang ini 80 persen Nya itu adalah pengguna narkoba, hal itu menjadi PR buat kita, bapak lurah khususnya bapak camat harus betul-betul paham dan mencermati, nanti bersama dengan penegak hukum, lokasi-lokasi yang memang akan membahayakan dan juga yang mempunyai potensi-potensi penyebar luas narkoba.

Potensi tersebut saya rasa dilakukan tempat-tempat yang agak sepi, yang agak gelap, agak aneh atau ada mungkin kerumunan yang mencurigakan. Tidak ada alasan untuk bapak lurah, bapak camat untuk tidak turun ke lokasi untuk mempertanyakan, ajak GANN turun kelapangan, karena masih ada catatan beberapa kelurahan yang bahaya narkobanya perlu menjadi perhatian di kota Padang Panjang, jelas Fadly.

Sementara itu, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP selaku Bunda Literasi Kota berpesan kepada generasi muda untuk menjadikan aktivitas membaca dan menulis sebagai suatu kebiasaan dan hobi.

“Literasi bukan hanya baca tulis, tetapi literasi adalah kemampuan kita untuk mengenal sesuatu. Ada berbagai macam literasi, seperti literasi media. Mari kita warnai bulan literasi dengan berbagai kegiatan yang menambah literasi di lingkungan kita",ujarnya.

Ditambahkan Dokter Dian, tokoh-tokoh besar dekat dengan aktivitas membaca dan menulis. Generasi muda diharapkan dapat mengisi waktu luang mereka dengan berbagai kegiatan positif yang dapat meningkatkan pengetahuan atau literasi. Pentingnya penguasaan bahasa yang menjadi faktor utama literasi bagi kemajuan masa depan  bangsa.

“Hindarilah game online dan budayakan membaca, menulis, serta berdiskusi untuk meraih masa depan yang lebih baik,” sambungnya. 

Disaat itu ketua DPC GANN Drs, H, Dalius Rajab memaparkan, Pesantren Darul Hikmah adalah sekolah ke 9 pendampingan Anti Narkoba. Program Duta Anti Narkoba adalah berbentuk tindakan prefentif edukasi kepada siswa, guru dan orang tua.

Disebut juga oleh Dalius Rajab, Dimasa Pandemi kita tidak bisa berbuat optimal karena adanya pembatasan, kita lebih banyak lakukan di media cetak dan elektronik perang terhadap narkoba, seperti setiap Kamis di Resfour 104,5 FM, Spenfive TV, SMP3 TV dan Padang Panjang Tv. 

Juga Bersama Nara Sumber dari berbagai profesi dan di dampingi Tim Kejari dan Satnarkoba polres. Dalam program Bersih Narkoba, bersama Kemenag disamping edukasi terhadap sekolah binaan Kemendag, kita juga program khusus Jumat Bersih Narkoba, dengan penyuluh Agama dan Khotib Jum'at. ucap Dalius

Adapun pada Jum'at tertentu seluruh Khotib Jum'at disetiap masjid di Padang Panjang materi kotbahnya tentang khomar bahaya Narkoba bagi hidup dan kehidupan.

Bersama Rutan kls II B, kita juga telah punya program binaan bersama Satnarkoba, pembinaan terhadap warga binaan yang saat ini lebih dari 70% kasusnya Narkoba atau 72 orang , diberikan bimbingan etika sosial dan ke agamaan.

Program Kota bersinar untuk kelurahan telah dilaunching 2 kelurahan percontohan ,Balai Balai dan Koto Panjang, dan target kita kedepan menjelang akhir tahun di 5 Kelurahan lagi, Kampung Manggis, Pasar usang, Tanah hitam, Guguk Malintang dan Ganting, Paparnya

Untuk itu kita mohon keseriusan dan dukungan penuh Bapak Walikota dan jajaran, Forkopimda dan hadirin mendukung program giat GANN ini, agar secara bersama kita mampu ciptakan Padang Panjang Kota Bersih Narkoba. tukasnya.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Drs, M, Ali Tabrani sewaktu dikonfirmasi awak media, beliau juga mengatakan, Bahayanya Narkoba yang sudah masuk lingkungan sekolah saat ini pada anak-anak Didik kita sehingga penting rasanya untuk kita bersama-sama Dengan komunitas Organisasi GANN dan juga orang tua bekerjasama untuk menerangi hal itu, sebut Ali Tabrani.

Sehingga kita betul-betul bisa memproteksi lingkungan kita terhindar dari Narkoba, kita juga Berterimakasih dengan semua kegiatan yang dilakukan oleh GANN, sudah turun kelapangan Pendidikan, semoga hal positif ini tetap eksis agar anak-anak terbebas dari pengaruh Narkoba, kami sangat setuju dan mengapresiasi kegiatan yang di adakan oleh GANN, imbuhnya.

Begitu juga dengan H, Ali Usman Syuib selaku ketua yayasan Darul Hikmah, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kinerja GANN Kota Padang Panjang saat ini, yang selalu memberikan edukasi penyuluhan kepada sekolah-sekolah di kota Serambi Mekah ini.

Kita apresiasi kepada GANN dalam rangka antisipasi anak bangsa yang akan terjerumus ke dalam lembah Narkoba yang sangat berbahaya ini, saya mewakili Pesantren Darul Hikmah sekali lagi mengucapkan terimakasih semoga ini menjadi amalan yang baik di sisi Allah SWT, ungkap Ali Usman.

Diakhir kegiatan ketua DPC GANN beserta kepengurusannya tidak lupa ucapan terima kasih kepada Bapak direktur BSI Iswandi SE, yang telah mensponsori kegiatan ini, juga ucapan terimakasih kepada Bapak H Ali Usman Syuib yang telah membantu kegiatan GANN sebesar 10 juta rupiah baru-baru ini, guna untuk kelancaran program kerja GANN kedepan.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, kepala OPD terkait, camat Padang Panjang Barat, lurah Kampung Manggis, pengurus GANN dan undangan terkait lainnya. (YB)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo