Header Ads

Penuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat, Bupati H. Benny Utama Terima Penghargaan Nasional



Pasaman, Panjipost.com,- Kebijakan dan program Bupati Pasaman H. Benny Utama dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, kembali diapresiasi Pemerintah Republik Indonesia. Program asuransi kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman secara Universal Health Coverage (UHC), akhirnya diganjar sebagai prestasi Nasional oleh Presiden Republik Indonesia.

Penghargaan UHC itu diterima Bupati Pasaman H. Benny Utama dari Mendagri Tito Karnavian, di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Selasa,(14/3).

Ini merupakan buah kerja keras Pemkab. Pasaman dalam mengimplementasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada masyarakat di daerah.

“Moment penyerahan penghargaan UHC 2023 yang dibuka Wakil Presiden Ma’ruf Amin itu, merupakan rangkaian prestasi yang diraih Pemkab. Pasaman di bawah kepemimpinan Bupati H. Benny Utama yang sejak menjabat banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai kementerian dan lembaga nasional lain, termasuk dari tingkat provinsi,” ujar Budhi Hermawan, Plt. Kadis Kominfo Pasaman (16/3)

Dijelaskannya, bahwa penghargaan UHC yang diraih Pemkab. Pasaman, merupakan apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah secara nasional, termasuk Kabupaten Pasaman, dalam menjabarkan program Indonesia Sehat melalui JKN-KIS.

"Dari awal menjabat Bupati Pasaman Bapak Benny Utama sudah berkomitmen penuh menjalankan Program Jaminan Kesehatan Nasional melalui program Universal Health Coverage bagi seluruh masyarakat Pasaman," kata Budhi.

Khusus di Kabupaten Pasaman, sesuai misi dan program unggulan Pemkab. Pasaman, menempatkan Program Pasaman Sehat sebagai prioritas utama, dengan program berobat gratis di seluruh tingkat Layanan Kesehatan, mulai polindes, puskesmas dan rumah sakit yang ada di daerah itu, hingga rujukan ke rumah sakit besar yang ada di Kota Bukittinggi dan Padang.

“Alhamdulillah, program itu mendapat apresiasi dari pemerintah pusat, apalagi manfaatnya sangat dirasakan masyarakat Kabupaten Pasaman saat ini,“ ujar Budhi Hermawan.

Sementara itu, Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Pasaman, Arma Putra, membenarkan Bupati Pasaman, Benny Utama, menerima penghargaan UHC yang diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian di Jakarta.

“Kita patut berbangga karena ini adalah program yang menyentuh kepentingan masyarakat banyak,” katanya.

Kemudian, Arma Putra, menjelaskan bahwa Pemkab Pasaman telah mengalokasikan dana sebesar Rp 43 Milyar untuk program UHC ini.

“Untuk itu, tidak ada alasan bagi masyarakat yang sakit untuk tidak berobat ke rumah sakit maupun puskesmas karena semua biaya pengobatan telah ditanggung oleh pemerintah daerah. Jadi, kalau sakit, segera berobat ya,” ujar Arma Putra mengakhiri pembicaraannya. (rell)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo