Header Ads

Kembali Mengabdi Kepada Masyarakat, Laksma TNI (Purn) Hargianto Datuak Bagindo Malano Nan Hitam Maju Sebagai Calon Anggota Dprd Provinsi SUMBAR



Sumatera Barat, (Pp)-  Laksma TNI Hargianto, SE,MM,MSi (Han) Datuak Bagindo Malano Nan Hitam adalah seorang purnawirawan TNI-AL yang terakhir kali menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II/Padang.

Hargianto, merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut angkatan ke-XXXII/tahun 1987, kelahiran 22 Oktober 1963 dipercaya mengemban gelar adat Datuak Bagindo Malano Nan Hitam pemangku penghulu Suku Pisang Nagari Cingkariang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Adapun selama menjadi Danlantamal II Padang, Hargianto berhasil membangun kampung bahari di kawasan Sungai Pisang, Padang secara mandiri.

Diketahui kampung Bahari ini adalah satu kawasan kehidupan nelayan yang dibantu ekonomi masyarakatnya dalam bentuk pertenunan.

Hasil kreasi para istri nelayan tersebut sudah sempat dipamerkan dalam satu kegiatan pameran yang dibuka langsung oleh istri Panglima TNI, Nanik Istumawati Hadi Tjahjanto waktu itu.

Hargianto juga pernah melakukan pembinaan terhadap para nelayan di Sungai Nyalo dalam budi daya Ikan Kerapu semasa menjadi Danlantamal II Padang, yang mana pada program ini Hargianto bertekad para nelayan setempat akan berhasil menjadi eksportir ikan kerapu.

Menjelang masa pensiun, Laksma (Purn) Hargianto juga berhasil menyumbangkan satu Maha Karya bagi masyarakat Sumbar yaitu mendedikasikan masakan Rendang sebagai masakan Indonesia asal Sumatera Barat yang diakui oleh Unesco.

Laksma TNI (Purn) Hargianto, SE,MM,MSi (Han) Datuak Bagindo Malano Nan Hitam


Diketahui untuk mewujudkannya  Hargianto harus sampai melibatkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara memasak Rendang Bareng tersebut, sekaligus meraih penghargaan MURI sebagai peristiwa memasak rendang secara masal terbanyak.

Adapun setelah pensiun dari kedinasan TNI, Laksma (Purn) Hargianto masih tampak aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat.

Diantaranya, pada Alumni SMAN III Bukittinggi terpantau memberikan kuliah umum di kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi pada Senin 20 Maret 2023.

Saat ini, Hargianto juga menjabat di sejumlah organisasi, di antaranya sebagai Ketua I Harian LKAAM Sumbar periode 2022-2026.

Kemudian sebagai Ketua Tim Pakar Pemuda Pancasila periode 2022-2027, Ketua Dewan Penasehat Masyarakat Pecinta Organik Periode 2022-2027.

Tak hanya itu, Hargianto saat ini juga menjabat sebagai Ketua I Bidang Organisasi Gebu Minang Pusat periode 2022-2027.



Laksamana TNI (Purn) Hargianto Datuak Bagindo Malano Nan Hitam tokoh masyarakat Banuhampu, Cingkariak, Agam (Sumatera Barat) maju sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi sumatera barat dari partai Nasional Demokrat ( Nasdem).

Adapun Motivasi Pencalonan Beliau adalah:

1. Pengabdian kepada masyarakat dan rasa cinta kepada kampung halaman sumatera barat.  

2. Memanfaatkan Ilmu dan Pengalaman selama berkarir di militer untuk bersinergi membangun negeri, membuat kebijakan dan solusi utk menjadikan Provinsi Sumatera Barat  maju dan makin sejahtera.

Program Usulan

1. Membuat Kebijakan yang mengatur tentang pengembangan potensi kelautan / maritim di Sumatera barat yang sangat luar biasa yg perlu mendapatkan perhatian khusus utk  menjadi destinasi wisata berklas dunia yg dapat memberikan dampak efek domino kepada sektor pariwisata lainnya dan perekonomi masyarakat. 

2. Membuat terobosan tentang sistem pertanian dan perkebunan yang  berkelanjutan dengan memanfaatkan penggunaan pupuk organik dan tehnologi informasi utk meningkatkan produksi hasil pertanian dan aman bagi kesehatan. 

3. Membuat kebijakan dan menyiapkan insfrastruktur terkait dengan  ketanggap segeraan bencana alam di wilayah sumatera barat. 

4. Mendidik dan menciptakan enterprenuer dan UMKM yg kreatif dan handal.

5. Membuat kebijakan tentang pelestarian seni adat dan budaya minangkabau utk kesejahteraan masyarakat serta menjaga tata nilai kehidupan masyarakat minangkabau ABS SBK.

6. Membuat kebijakan tentang pembinaan, pembangunan dibidang olahraga serta pendidikan sumber daya manusia yang unggul dan profesional dan berprestasi(*)

@Hargianto. SE.MM.M.Si (Han)


Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo