Header Ads

PT Adhi Persada Gedung Kebut Pembangunan Pasar Raya Fase VII

Dody Prabudi
QHSE Manager
Padang,- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Karya Kreatif dengan Balai Prasarana Perumahan Daerah (BPPW Sumbar) Sumbar sebagai ujung tombak untuk melakukan pelayanan pembangunan pasar raya Padang fase VII telah menunjukkan hasil yang maksimal.

Diketahui, Ground breaking proyek pembangunan Pasar Raya Fase VII dilaksanakan pada Rabu (20/9/2023) lalu. 

Kepala Satker Pelaksana Prasarana Pemukiman Wilayah Sumbar, Rocky Adam mengatakan, usulan pembangunan Pasar Fase VII dimulai tahun 2021.

Setelah dilakukan review, terangnya, per Maret 2023 dimulai tender dan dimenangkan oleh PT Adhi Persada Gedung (APG). Selanjutnya, pembangunan dimulai 5 Juli 2023 dan dijadwalkan selesai sekitar 360 hari atau 4 Juli 2024.

"Kontrak pembangunan di lahan sekitar 1.000 M2 itu bernilai Rp103,9 miliar," terang Rocky.

"Pembangunan Pasar Raya Fase VII kontraknya senilai Rp103 miliar lebih. Dilaksanakan dengan mekanisme tahun jamak dan waktu pembangunan selama 360 hari kalender," ujarnya.

Rocky mengatakan, kontraktor pelaksana pembagunan Pasar Raya Fase VII yakni PT Adhi Persada Gedung. Sementara itu pengawasan oleh Manajemen Konstruksi PT Deta Decon.

Lebih lanjut Rocky mengatakan, "Bangunan terdiri dari satu lantai semi basement yang diperuntukan bagi 855 los pedagang. Lantai satu dan dua diisi 288 kios pedagang. Secara total Pasar Raya Fase VII bisa menampung 1.143 pedagang, dan lantai tiga untuk area parkir mobil dan motor," katanya.

Pelatihan P3K Kepada Pekerja 


Adapun Dody Prabudi sebagai QHSE Manager pada proyek tersebut menjelaskan, pada pekerjaan Pembangunan pasar raya Padang fase VII kita melakukan Safety Morning setiap hari kamis agar pekerja selalu ingat  akan keselamatan kerja serta merefresh peraturan yang ada di proyek pasar raya padang dan kita juga melakukan pelatihan P3K agar pekerja mengetahui apabila ada kecelakaan kerja, apa yang harus mereka lakukan.

"Alhamdulillah, sampai saat ini pekerjaan Zero accident".

Untuk item item pekerjaan yaitu meliputi: Pekerjaan persiapan Struktur 58,3%, pekerjaan Arsitek 17,%, Pekerjaan MIP 21,3%, Pekerjaan Landscape 4,95%, Pekerjaan Persiapan 1,72%, Pekerjaan Lain Lain 0,8%

Lebih lanjut Dody Prabudi kepada Panjipost.com mengatakan dengan sisa 129 hari sisa kerja, kita sampai sekarang masih optimis selesai sesuai kontrak.

"Ya, Kita sangat optimis pekerjaan selesai sesuai dengan Kontrak", ungkap Dody.

Pekerjaan pembesian dan pengecoran plat lantai


Kita berharap dengan adanya proyek pembangunan pasar raya Padang fase VII ini, ekonomi masyarakat Padang bisa lebih maju dan geliat daya beli masyarakat akan lebih hidup.

"dan terima kasih kepada pemko Padang serta Forkopimda yang telah mendukung serta kerjasamanya untuk kelancaran proyek ini" terang Dody.

Terpisah, Arman, salah satu pedagang yang direlokasi sehubungan dengan pembangunan Tahap VII, berharap pembangunan infrastruktur tersebut berjalan lancar dan selesai sesuai waktu yang ditargetkan.(AW)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo