Header Ads

Jelang Libur Lebaran, Kapolda Sumbar Cek dan Uji Coba Jalur One Way System



Sumbar - Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono melakukan cek dan uji coba jalur one way sistem Padang Bukittinggi. Pengecekan dilakukan di Simpang Sicincin Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman,Jumat (5/4/2024) siang.

Uji coba one way sistem untuk memastikan kelancaran pemudik saat lebaran IdulFitri 1445 Hijriah beberapa hari lagi.

Turut hadir dalam uji coba one way sistem itu Gubernur Sumbar Ir. Mahyeldi Ansharullah, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono,  PJU Polda Sumbar, Kapolres Pariaman,  Kadishub Padang Pariaman serta instansi terkait.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono saat melakukan pengecekan dan uji coba one way mengatakan,  sebagaimana analisa dan evaluasi tahun lalu, kita berupaya mengulangi kembali kesuksesan tahun lalu dengan beberapa inovasi dan juga terobosan kreatif untuk memperbaiki manakala ada simpul -simpul kemacetan yang mungkin terjadi antara Padang - Bukittinggi dan sebaliknya, tapi kita bicarakan adalah Sumatera barat, bukan hanya Padang dan Bukitinggi.

Lanjutnya menjelaskan, kontribusi dari Polri, pastinya kita laksanakan namanya operasi ketupat singgalang 2024, yang melibatkan  personel polri 11.700 orang itu bersama unsur Forkopimda,  TNI dan kementerian lembaga yang terlibat, pastinya kita kurang dari 2.543 yang sudah kita tetapkan untuk diploting di wilayah-wilayah tertentu terutama untuk memperlancar jalur arus mudik dan arus balik.

Orang nomor satu di Polda Sumbar ini mengatakan, sebagian dari itu ada juga tempat-tempat wisata, ada pelabuhan, bandara, ada terminal dan tempat-tempat perbelanjaan lainnya yang juga harus diamankan.

"Hal ini suatu protap, manakala ada suatu operasi yang kita gelar, yaitu mengamankan orangnya, mengamankan barang-barangnya, dan mengamankan kegiatannya, tempat lokasi, dan situasi yang relatif kondusif," katanya.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan bahwa hari ini kita bisa saksikan baru saja di launching untuk one way sistem antara Padang- Bukittinggi, begitu sebaliknya, dan juga untuk jalur sekitar nya.

Tujuan kita semua, katanya Jenderal bintang dua ini,  dalam mengelar operasi yang bersifat kebersamaan atau terintegrasi ini adalah untuk meringankan beban Polri didalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga kita libatkan dari seluruh unsur untuk ikut serta berkontribusi melayani masyarakat dengan cara terbaik.

Irjen Pol Suharyono berharap, semoga IdulFitri tahun ini bisa berjalan lancar dan aman, tertib terkendali dan masyarakat bisa merasa puas saat kembali mudik di wilayah Sumatera Barat.

"Pastinya kita akan tepat memantau bagaimana situasi kamtibmas, sehingga secara langsung personel yang tidak dilibatkan dalam operasi ini akan melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan lagi, karna kita juga akan melayani masyarakat yang sifatnya rutin maupun yang bersifat insidentil," imbuhnya.

Kami memohon kepada masyarakat, untuk hati-hati dan waspada didalam menggunakan kendaraannya saat melaksanan libur bersama keluarga besarnya. 

"Keamanan yang paling utama, dan menjadi kebutuhan kita bersama, bukan hanya menjadi tanggung jawab polisi, tetapi kita semua, bertanggung jawab untuk mewujudkan keamanan dimana pun kita berada," tutup Kapolda Sumbar. (*)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo