Header Ads

Karantina Surabaya Gagalkan Penyelundupan Murai Batu Asal Malaysia


Panjipost.com
Surabaya - Negara yang kuat bukan hanya mampu menjaga teritorialnya, tetapi juga menjaga kekayaan hayati negaranya. Sebagai salah satu wujud upaya menjaga kekayaan hayati hewani khususnya dari ancaman penyakit Avian Influenza (AI), Karantina Surabaya berhasil gagalkan penyelundupan 6 ekor murai batu asal Malaysia (13/01).

Burung-burung tersebut menumpang pesawat Air Asia dari Malaysia ke Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo.

Penggagalan bermula adanya informasi dari petugas Bea dan Cukai Juanda, yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan kepada pemilik.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 6 ekor murai batu (5 ekor hidup dan 1 ekor mati), yang dimasukkan ke dalam pipa paralon dan dikemas dalam box DVD player kosong tanpa dilengkapi dokumen karantina.

Pengemasan dalam pipa paralon sangat  tidak sesuai dengan kaidah kesejahteraan hewan (animal welfare) sehingga menyebabkan burung stres dan mati.

“Pemasukan media pembawa dalam hal ini murai batu dari Malaysia tanpa dilengkapi dokumen karantina telah melanggar UU No 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, khususnya pasal 5," ungkap drh Siska Mahargian selaku petugas medik yang melakukan pemeriksaan.

Saat ini, sambil menunggu pemilik melengkapi dokumen yang dipersyaratkan, burung-burung tersebut diamankan di Instalasi Karantina Hewan di Juanda.

@Badan Karantina Pertanian

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo