Header Ads

TMMD di Bumi Sikerei, " Basamo Untuak Nagari"



Mentawai, Panjipost.com  -  Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dibumingkan di berbagai daerah komando militer, seyogyanya dapat membangkitkan dan mendorong percepatan program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama di pedesaan.

Hal tersebut dapat berjalan seiring dengan tema yang diangkat yakni ”Percepatan Pembangunan Meningkatkan Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Sejatinya Tema tersebut selaras dengan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dimana salah satunya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adapun untuk merekatkan kemanunggalan TNI dan rakyat serta mempererat hubungan silaturahmi dan kekeluargaan antara TNI dan rakyat, Satgas TMMD  tidur/ nginap di rumah masyarakat (Orang tua asuh) dan makan bersama masyarakat, Hal tersebut membuktikan TNI dan rakyat tidak terpisahkan. “Roh TNI adalah rakyat karena sejarah menunjukkan TNI lahir dari rakyat.

Selain itu, anggota Satgas TMMD ke 116 juga menyempatkan diri untuk selalu melakukan komunikasi dengan masyarakat guna mengetahui kesulitan dan keluhan yang sedang dialami oleh masyarakat. Begitulah potret kehidupan yang dijalankan oleh Anggota Satgas TMMD ke 116.

“Jadi seperti itulah yang kami harapkan, karena rakyat adalah Kekuatan  TNI. "Saya berharap para anggota  Satgas TMMD ke 116 menganggap orang tua asuh sebagai keluarga sendiri, begitupun sebaliknya,” Ujar Komandan Satgas TMMD ke 116 Kodim 0319/Mtw Letnan Kolonel Inf Suirwan S.I.P,

Di bumi Sikerei (Kepulauan Mentawai) TMMD diharapkan dapat menyelesaikan berbagai sasaran infrastruktur seperti pembangunan, rehabilitasi, pengerasan, pengaspalan dan peningkatan badan jalan, pembuatan dan rehabilitasi jembatan, Selain itu rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta pembangunan sarana sanitasi yang dibutuhkan masyarakat juga menjadi sasaran Program kegiatan TMMD Ke 116 Kodim Mentawai.

Diketahui, ditanah Sikerei (julukan daerah Kepulauan Mentawai) merupakan salah satu dari daerah terluar wilayah RI yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Kondisi geografis yang berpulau-pulau di wilayah ini membuat  biaya transportasi/ mobilisasi barang pada daerah ini tidak bisa dikalkulasikan secara tetap (berubah-rubah). Selain itu, wilayah ini juga dikenal sebagai daerah rawan bencana (gempa).

Di Bumi Sikerei, Tentara nasional indonesia (TNI) dengan Kodim 0319/Mentawai sebagai ujung tombak berjuang sekuat tenaga dalam membuktikan integritas yang profesional meskipun ditengah ancaman faktor alam yang tidak bisa diduga dan kondisi geografis yang penuh tantangan.

Sebagai ujung tombak yang berintegritas dan bertanggung jawab, Kodim 0319/ Mentawai sebagai penanggung jawab TMMD ke 116, selalu berkomitmen tinggi dalam menyelesaikan setiap perkerjaan yang ada dalam program TMMD Ke 116.

Selain menyasar program program kegiatan fisik, Satgas TMMD Ke 116 Kodim 0319/Mentawai juga melakukan kegiatan kegiatan non fisik seperti Penyuluhan Wawasan kebangsaan, penyuluhan Bela Negara Penyuluhan Teroris & Narkoba, penyuluhan Hukum, penyuluhan Pertanian, penyuluhan penanggulangan bencana, penanaman manggrove, penyuluhan KB, Sosialisasi Kesehatan keliling dan Sosialisasi stunting.

Komandan Satgas TMMD ke 116 Letnan Kolonel Inf Suirwan S.I.P  menyampaikan , TTMD ke 116 bukan mengerjakan sasaran fisik saja, tetapi lebih dari itu bagaimana masyarakat bisa mengenal TNI lebih dekat dan mampu menciptakan Kemanunggalan TNI bersama rakyat dan diharapkan bisa membantu kelancaran dan kesuksesan TMMD ke 116 di Kepulauan mentawai ini, ucap Beliau.(AW)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo