Header Ads

Letnan Kolonel Inf Suirwan S.I.P Sosok Dibalik Suksesnya TMMD Ke 116 Kodim Mentawai



Mentawai, Panjipost.com, - Suksesnya pengerjaan suatu kegiatan atau program memang tergantung dari Komitmen segala pihak yang terlibat langsung dan tidak langsung pada pekerjaan/program tersebut.

komitmen yang kuat sangat diperlukan agar suatu pekerjaan bisa berhasil sesuai dengan apa yang direncanakan dan pengerjaannya juga dapat diselesaikan tepat waktu.

Tidak hanya itu saja dalam proses pengerjaan, dukungan dari masyarakat setempat juga sangat diperlukan dalam kelancaran suatu pekerjaan.

Adapun guna terwujudnya kualitas pembangunan sejumlah sarana dan prasarana infrastruktur maupun mental yang tengah berlangsung dan dapat menghasilkan hasil yang optimal, maka sikap tegas dari seorang pemimpin / komandan sangat diperlukan.

Sosok pemimpin / komandan bisa menjadi penentu keberhasilan berbagai program-program pemerintah.

Diketahui, Tentara Nasional Indonesia (TNI) mencanangkan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dibumingkan di berbagai daerah komando militer yang mana seyogyanya dapat membangkitkan dan mendorong percepatan program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama di pedesaan.

 Seiring dengan tema yang diangkat yakni ”Percepatan Pembangunan Meningkatkan Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Sejatinya Tema tersebut selaras dengan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dimana salah satunya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adapun untuk merekatkan kemanunggalan TNI dan rakyat serta mempererat hubungan silaturahmi dan kekeluargaan antara TNI dan rakyat tentunya tak lepas dari kepiawaian dan sikap tegas Komandan Satgas TMMD dalam mengatur setiap satuan tugas (Satgas) yang tergabung didalam program TMMD tersebut.

Di bumi Sikerei (Kepulauan Mentawai) TMMD Ke 116 Kodim 0319/Mentawai  telah menuai berbagai pujian dari berbagai lapisan masyarakat maupun unsur pemerintahan setempat.

Pasalnya, Satgas TMMD Ke 116 Kodim 0319/Mentawai sukses  menyelesaikan berbagai sasaran infrastruktur seperti pembangunan, rehabilitasi, pengerasan, pengaspalan dan peningkatan badan jalan, pembuatan dan rehabilitasi jembatan, Selain itu rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta pembangunan sarana sanitasi yang dibutuhkan masyarakat.

Di Bumi Sikerei, Tentara nasional indonesia (TNI) dengan Kodim 0319/Mentawai sebagai ujung tombak telah berjuang sekuat tenaga dalam membuktikan integritas yang profesional meskipun ditengah ancaman faktor alam yang tidak bisa diduga dan kondisi geografis yang penuh tantangan.

Selain sukses dalam program program kegiatan fisik, Satgas TMMD Ke 116 Kodim 0319/Mentawai juga sukses  melakukan kegiatan kegiatan non fisik seperti Penyuluhan Wawasan kebangsaan, penyuluhan Bela Negara Penyuluhan Teroris & Narkoba, penyuluhan Hukum, penyuluhan Pertanian, penyuluhan penanggulangan bencana, penanaman manggrove, penyuluhan KB, Sosialisasi Kesehatan keliling dan Sosialisasi stunting.

"TMMD ke 116 bukan mengerjakan sasaran fisik saja, tetapi lebih dari itu bagaimana masyrakat bisa mengenal TNI lebih dekat dan mampu menciptakan Kemanunggalan TNI bersama rakyat", ucap Komandan Satgas TMMD ke 116 Letnan Kolonel Inf Suirwan S.I.P.

Apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Mentawai.

Sekda Mentawai, Martinus Dahlan menyampaikan apresiasi tertinggi kepada TNI atas pengabdian dan baktinya membangun negeri, salah satunya melalui program TMMD.

"Program ini merupakan wujud kolaborasi antara TNI dengan Pemkab melalui pembangunan akses jalan dan jembatan. Kemudahan akses jalan bisa mendukung peningkatan perekonomian masyarakat" terangnya.(Aw)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website WWW.Panjipost.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Andi Woo